Sektor Pendidikan dan Kebudayaan Panen Prestasi

  • Bagikan
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Konsel, Erawan Supla Yuda saat menerima penghargaan dari Balai Guru Penggerak (BGP) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

KENDARIIPOS.CO.ID - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Konawe Selatan mengarahkan programnya pada peningkatan kualitas sumber daya manusia.

Sepanjang tahun 2023, tercatat adanya peningkatan angka rata-rata lama sekolah 7,96 tahun. Meningkatnya angka partisipasi kasar {APK} SD/MI/Paket A. Meningkatnya APK SMP/MTS/ Paket B. Meningkatnya Angka Partisipasi Murni {APM} SD/MI/Paket A. Meningkatnya APM SMP/MTS/ Paket B.

Hal tersebut diungkapkan Kadis Dikbud Konsel, Erawan Supla Yuda. Selain itu, terjadi pula peningkatan Angka Kelulusan {AL} SD/MI sebesar 100 persen. Meningkatnya Angka Kelulusan {AL} SMP/ MTs sebesar 100 persen. Meningkatnya Guru yang memenuhi kualifikasi S1/D-IV sebesar 99,80 persen.

“Tahun 2023 lalu, kami menerima penghargaan dari Kemendikbudristek sebagai kategori Kabupaten dengan komunitas belajar terbanyak. Lalu pengharargaan sebagai kabupaten terbanyak dalam pengangkatan guru penggerak menjadi Kepala Sekolah tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara,” ungkapnya. Selanjutnya, tahun 2023 juga meraih penghargaan dari Kemendikbudristek sebagai salah satu daerah terbaik dalam mendukung program Merdeka Belajar. Penghargaan dari Kemendikbutristek atas partisipasi aktif dalam program Organisasi Penggerak.

“Kami juga telah melakukan penetapan 11 dari 15 objek yang diduga sebagai cagar budaya menjadi cagar budaya Peringkat Kabupaten,” jelasnya.

Dari segi kebudayaan, aktif menumbuh kembangkan seni dan kebudayaan di sekolah. Melakukan kegiatan belajar bersama maestro untuk pengembangan kebudayaan. Dan melaksanakan Pekan Kebudayaan Daerah.(ndi)

  • Bagikan