Tata Ruang Daerah, Akselerasi Pembangunan Strategis

  • Bagikan
PUTR: Bupati Konawe Selatan, H Surunuddin Dangga ST MM saat meninjau lokasi pembangunan jalan menuju Kecamatan Laonti 2023 lalu.
PUTR: Bupati Konawe Selatan, H Surunuddin Dangga ST MM saat meninjau lokasi pembangunan jalan menuju Kecamatan Laonti 2023 lalu.

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Konawe Selatan (Konsel) komitmen mewujudkan lompatan positif pembangunan infrastruktur dan tata ruang di daerah. Salah satu yang terbaik adalah peningkatan konektivitas melalui pembangunan jaringan jalan dan jembatan. Tahun 2023, pembangunan dan rehabilitasi jalan di Konsel sepanjang 124,55 kilometer.

Kepala Dinas PUTR Konsel, Askar mengatakan tak hanya jalan namun pihaknya turut merehabilitasi bendung irigasi, peningkatan jaringan irigasi permukaan dan rehabilitasi jaringan irigasi permukaan di 15 lokasi yang tersebar di wilayah. Selain itu, ada pula pembangunan SPAM jaringan perpipaan di kawasan perkotaan di 18 lokasi.

“Kami juga membangun SPAM dan jaringan perpipaan di kawasan pedesaan, TPS-3R dua unit di lokasi desa Akuni Kecamatan Tinanggea dan desa Torobulu Kecamatan Laeya. Selain itu, pembangunan Sistem Pengolahan Air Limbah Domestik Setempat (SPAL-D) di 705 rumah tangga,” ujarnya.

Pembangunan sarana dan prasarana Instalasi Pengelolaan Limbah Terpusat (IPLT) di Andoolo. “Tahun 2023 juga dilakukan pembangunan, rehabilitasi dan renovasi bangunan gedung untuk kepentingan strategis daerah di 5 lokasi yang tersebar di Konsel,” bebernya. (c/ndi)

  • Bagikan