Saksi Parpol Diedukasi Lewat TOT

  • Bagikan
Maman, SH
Maman, SH

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Masa pungut hitung suara pada Pemilu 2024 semakin dekat. Hanya kurang dari 10 hari lagi, puncak pesta demokrasi akan digelar. Seluruh penyelenggara Pemilu kini sibuk mematangkan kesiapannya dalam peran masing-masing. Termasuk Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Buton yang semakin aktif memperkuat struktur jejaring, salah satunya saksi parpol.

“Kami sudah menggelar training of trainer (TOT) yang menjadi bagian dari komitmen agar saksi-saksi ini bisa bekerja dan memahami tugasnya,” kata Maman, Ketua Bawaslu Buton.

Menurut ketua Bawaslu Buton dua periode ini, TOT bertajuk “Penguatan Kapasitas dan Manajemen Pengetahuan Saksi Partai Politik Peserta Pemilu dan Dewan Perwakilan Daerah” menjadi memontum untuk menyatukan persepsi dan pemahaman bagaimana sistem pengawasan Pemilu berjalan dengan baik.

Katanya, TOT untuk memberikan pemahaman terkait peran dan tugas saksi peserta Pemilu dalam menjamin agar pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara pada Pemilu tahun 2024 berlangsung jujur dan adil sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Dikatakannya, TOT itu melibatkan peserta dari Ketua Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Buton, Ketua/Pimpinan Partai Politik Tingkat Kabupaten Buton dan LO/Tim Kampanye Calon Perseorangan DPD RI Tingkat Kabupaten Buton. “Jadi mereka diedukasi oleh narasumber dari pegiat Pemilu, dan akademisi, tuntas teorinya, mudah-mudahan prakteknya nanti juga bisa lebih mantap lagi kerjanya,”

  • Bagikan