Memperjuangkan Pemekaran Pulau Kabaena

  • Bagikan
Caleg DPR RI Dapil Sultra Umar Arsal (depan, tengah) bersama masyarakat Pulau Kabaena usai dialog dalam kampanye yang dikemas dalam kegiatan bakti sosial di Kecamatan Kabaena Utara dan Kabaena Barat. (IST)
Caleg DPR RI Dapil Sultra Umar Arsal (depan, tengah) bersama masyarakat Pulau Kabaena usai dialog dalam kampanye yang dikemas dalam kegiatan bakti sosial di Kecamatan Kabaena Utara dan Kabaena Barat. (IST)

--Umar Arsal : Pulau Kabaena Memenuhi Syarat Menjadi Kabupaten

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Calon legislatif DPR RI nomor urut 2, Umar Arsal mengemas kampanye dengan bakti sosial (baksos) khitan massal dan berbagi kacamata baca gratis. Kali ini, baksos ala Umar Arsal menyapa Kecamatan Kabaena Utara dan Kabaena Barat, Kabupaten Bombana. Seperti biasa, dalam baksos yang digelarnya, Umar Arsal memaparkan komitmen perjuangannya tatkala terpilih dan duduk di kursi DPR RI pada Pemilu 2024.

Di hadapan ratusan masyarakat Kecamatan Kabaena Utara dan Kabaena Barat, caleg Umar Arsal berkomitmen memperjuangkan pemekaran Pulau Kabaena menjadi kabupaten atau daerah otonomi baru. Komitmen itu dilantangkan Umar Arsal ketika menyahuti aspirasi masyarakat dalam kampanye tatap muka.

Masyarakat menyampaikan aspirasi pemekaran lantaran Pulau Kabaena memiliki kekayaan sumber daya alam khususnya di sektor pertambangan, namun infrastruktur terutama jalan, sangat memprihatinkan. “Akses jalan sejak belasan tahun lalu hingga sekarang, masih sama. Ada CSR perusahaan namun hanya fokus dibagikan ke penduduk dan kurang terakomodir untuk pembangunan infrastruktur,”ujar Umar Arsal kepada Kendari Pos, Rabu (31/1/2024).

Mantan anggota DPR RI 2 periode itu mengatakan ketika terpilih menjadi anggota DPR RI pada Pemilu 2024 ini, ia akan memperjuangkan aspirasi masyarakat Kabaena. Bukan saja jalan, namun juga upaya pembentukan daerah otonomi baru untuk Pulau Kabaena mesti maksimal didorong agar masuk dalam program legislasi nasional (Prolegnas) ke depan. “Pulau Kabaena sangat memenuhi syarat untuk menjadi kabupaten atau daerah otonomi tersendiri,” bebernya.

Umar Arsal mengisahkan, masyarakat Kabaena mengungkapkan kehadiran Burhanuddin saat menjadi Penjabat (Pj) Bupati Bombana sangat berarti. Kendati tidak lama memimpin, namun perubahan yang dibawa Burhanuddin di Bombana sangat signifikan terutama mengaspal jalan sekira 10 kilometer. “Menurut masyarakat Kabaena, meski kepemimpinan Burhanuddin singkat, namun begitu terasa hasil pembangunannya,” tutur Umar Arsal.

Dalam baksos yang digelar Umar Arsal, tercatat sekira 126 anak yang mengikuti sunatan massal di Kecamatan Kabaena Utara dan Kabaena Barat. Politisi Partai Demokrat itu juga membagikan 300 kacamata baca gratis kepada masyarakat.

“Alhamdulillah tidak kurang 126 anak mengikuti sunatan masal. Antusias mereka begitu tinggi,” tutup Umar Arsal. (ali/b)

  • Bagikan