Meningkatkan Literasi Siswa

  • Bagikan
Kepala SMAN 7 Kendari La Ode Muhammad Sauf (3 dari kiri), Pemimpin Redaksi (Pemred) Kendari Pos Inong Saputra (4 dari kiri) bersama jajaran manajemen Kendari Pos dan siswa SMAN 7 Kendari dalam program Kendari Pos Road to School, Kamis (25/1/2024). (MUH.ABDI ASMAUL AMRIN / KENDARI POS)
Kepala SMAN 7 Kendari La Ode Muhammad Sauf (3 dari kiri), Pemimpin Redaksi (Pemred) Kendari Pos Inong Saputra (4 dari kiri) bersama jajaran manajemen Kendari Pos dan siswa SMAN 7 Kendari dalam program Kendari Pos Road to School, Kamis (25/1/2024). (MUH.ABDI ASMAUL AMRIN / KENDARI POS)

--Road To School SMAN 7 Kendari

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Program Kendari Pos Road To School terus menggalang upaya untuk meningkatkan literasi di kalangan siswa-siswi. Kali ini, rombongan Redaksi dan Manajemen Koran Harian Kendari Pos berkunjung ke SMAN 7 Kendari di Kelurahan Wawombalata, Kecamatan Mandonga. Salah satu tujuannya adalah meningkatkan kesadaran akan pentingnya literasi. Ini sejalan dengan misi Kendari Pos yang menyajikan konten berita yang sarat nilai edukasi dan inspiratif.

Pemimpin Redaksi (Pemred) Kendari Pos, Inong Saputra mengatakan di tengah minimnya literasi, Kendari Pos sebagai media informasi dan edukasi mengambil peran dalam meningkatkan kesadaran tentang literasi. “Kendari Pos Road To School dirancang untuk meningkatkan literasi siswa-siswi di Sulawesi Tenggara (Sultra) dan khususnya di SMAN 7 Kendari ini,” ujarnya di hadapan siswa-siswi SMAN 7 Kendari, Kamis (25/1/2024).

Pemred Inong Saputra menjelaskan, beberapa inovasi yang dilakukan Kendari Pos dalam upaya meningkatkan minat baca. Pertama, peningkatan konten dengan penyajian yang menarik dan mendalam. Kedua, konvergensi media dengan kehadiran media online, yaitu KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID, kendarinews.com, dan ragamkendari.com.

Selain itu, Kendari Pos juga menyediakan koran elektronik (e-koran) dan Kendari Pos Channel, sebuah podcast khusus audio visual. "Kendari Pos senantiasa berinovasi untuk meningkatkan minat baca di era perkembangan teknologi saat ini," jelasnya.

Kunjungan Kendari Pos Road To School di SMAN 7 Kendari bertujuan untuk menumbuhkan semangat literasi dan menyediakan wadah bagi siswa-siswi yang ingin mengekspresikan diri melalui menulis. "Kami menyediakan media cetak dan online untuk mereka yang ingin menulis. Ini adalah langkah kami untuk membuka ruang belajar dan meningkatkan literasi bersama-sama," tambahnya.

Redaktur Foto Kendari Pos, La Ode Muhammad Syuhada Ridzky, membagikan pengetahuannya tentang teknik pengambilan foto kepada siswa SMAN 7 Kendari. "Menjadi seorang fotografer memerlukan beberapa langkah, termasuk menentukan subjek, tema, pesan, serta teknik memotret secara visual dan konseptual. Ini bukan hal yang mudah," katanya.

Sementara itu, Redaktur Perwajahan Kendari Pos, La Ode Kurniawan, menekankan pentingnya tata letak perwajahan yang menarik. "Semua halaman di koran diatur sedemikian rupa untuk memastikan kenyamanan pembaca. Kami juga menggunakan font yang tebal agar pembaca dapat merasa nyaman saat membaca koran Kendari Pos," ujarnya.

Di tempat yang sama, Kepala SMAN 7 Kendari, La Ode Muhammad Sauf, menyambut baik kedatangan Kendari Pos di sekolahnya. Sebagai sekolah penggerak, SMAN 7 Kendari terus berupaya meningkatkan kualitas lulusan. "Kunjungan Kendari Pos di sekolah kami diharapkan dapat memberikan wawasan tambahan kepada siswa-siswi, terutama dalam literasi baik membaca maupun menulis," ungkapnya.

Melalui kegiatan ini, Muhammad Sauf optimis bahwa literasi dan numerasi siswa-siswi SMAN 7 Kendari akan meningkat. "Gerakan Kendari Pos Road To School merupakan salah satu program yang sangat bermanfaat bagi siswa-siswi. Kami sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada Kendari Pos atas kunjungannya. Semoga kegiatan ini dapat berlanjut secara terus-menerus dan tidak terhenti sampai di sini," pungkasnya. (win/b)

EDUKASI DAN INSPIRATIF

TUNAIKAN MISI
-Kendari Pos terus menggencarkan road to school
-Kegiatan itu mengandung misi mengedukasi dan meningkatkan literasi di kalangan pelajar
-Kali ini, Kendari Pos berkunjung ke SMAN 7 Kendari
-Salah satu tujuannya untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya literasi
-Ini sejalan dengan misi Kendari Pos yang menyajikan konten berita bernilai edukasi dan inspiratif

AMBIL PERAN
-Di tengah minimnya minat baca, Kendari Pos ambil peran meningkatkan kesadaran tentang literasi
-Hal itu sebagai wujud tanggung jawab Kendari Pos sebagai media informasi dan edukasi
-Kendari Pos Road To School dirancang untuk meningkatkan literasi pelajar di Sultra

RUANG BELAJAR
-Kendari Pos Road To School tak hanya untuk menumbuhkan literasi
-Kendari Pos Road To School juga menyediakan wadah bagi siswa-siswi yang ingin mengekspresikan diri melalui menulis
-Kendari Pos memiliki media cetak dan online untuk mereka yang ingin menulis
-Hal itu adalah langkah untuk membuka ruang belajar bagi siswa

INOVASI KENDARI POS
-Inovasi dilakukan Kendari Pos dalam upaya meningkatkan minat baca
di era perkembangan teknologi saat ini
-Pertama, peningkatan konten dengan penyajian yang menarik dan mendalam
-Kedua, konvergensi media dengan kehadiran media online, yaitu KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID, kendarinews.com, dan ragamkendari.com.
-Selain itu, Kendari Pos menyediakan koran elektronik (e-koran) dan podcast

BERBAGI PENGETAHUAN
-Siswa SMAN 7 Kendari banyak dapat pengetahuan dalam Kendari Pos Road to School
-Redaktur Foto Kendari Pos, LM Syuhada Ridzky berbagi pengetahuan tentang teknik pengambilan foto
-Menjadi fotografer memerlukan beberapa langkah :
*Menentukan subjek
*Menentukan tema, dan pesan
*Memerlukan teknik memotret secara visual dan konseptual
-Redaktur Perwajahan Kendari Pos, La Ode Kurniawan berbagi pengetahuan tentang tata letak perwajahan
-Semua halaman/rubrik koran diatur menarik untuk
memastikan kenyamanan pembaca

TINGKATKAN KUALITAS LULUSAN
-SMAN 7 Kendari adalah sekolah penggerak
-SMAN 7 Kendari berupaya meningkatkan kualitas lulusan
-Kepala SMAN 7 Kendari Muhammad Sauf berharap Kendari Pos menambah wawasan siswa
-Terutama dalam literasi baik membaca maupun menulis
-Kepala SMAN 7 Kendari optimis literasi dan numerasi siswanya akan meningkat
-Kendari Pos Road To School adalah salah satu program yang sangat bermanfaat bagi siswa
-Kepala SMAN 7 Kendari berharap Kendari Pos Road to School terus berlanjut

DATA DIOLAH KENDARI POS

  • Bagikan