UT Buka Prodi S1 PAI & Magister PAUD

  • Bagikan
Rektor UT Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D., pembukaan dua prodi baru UT di Pondok Cabe, Tangsel, beberapa waktu lalu. (Foto Tangkapan Layar Youtube UT TV)
Rektor UT Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D., pembukaan dua prodi baru UT di Pondok Cabe, Tangsel, beberapa waktu lalu. (Foto Tangkapan Layar Youtube UT TV)

--Targetkan 750 Ribu Mahasiswa

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Universitas Terbuka (UT) resmi membuka dua program studi (prodi) S1 Pendidikan Agama Islam (PAI) dan S2 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Menurut Rektor UT Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D., pendaftaran S1 PAI dan Magister PAUD sudah dibuka sejak 8 Januari dan akan ditutup akhir Februari 2024.

Hingga hari ini jumlah pendaftar menunjukkan angka yang menggembirakan. Dia mencontohkan, S1 PAI jumlah pendaftarnya sudah mencapai 300 orang. Begitu juga dengan Magister PAI, Prof Ojat optimistis peminatnya sangat banyak.

Magister PAUD inikan sudah lama diminta oleh para guru PAUD ya. Nah, di awal 2024 kami buka,” kata Prof. Ojat di sela-sela pembukaan dua prodi baru UT di Pondok Cabe, Tangsel, beberapa waktu lalu.

Dia optimistis dengan adanya dua prodi baru tersebut, maka target UT untuk mencapai 750 ribu mahasiswa pada tahun ini akan tercapai.

Sementara itu, dalam laporannya Plh. Warek Bidang Akademik yang juga Warek Bidang Sistem Informasi dan Kemahasiswaan Prof. Dr. Paken Pandiangan, S.Si., M.Si., menyampaikan, sejalan dengan implementasi kebijakan pendidikan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), UT terus berinovasi untuk menjawab tantangan perkembangan ilmu dan teknologi dalam menghasilkan lulusan andal serta siap bersaing dalam dunia kerja, baik secara global maupun nasional.

Salah satu wujud kreasi dan inovasi UT, yaitu dengan meluncurkan layanan program studi baru untuk menjawab kebutuhan masyarakat di lapangan. Dasar pembukaan prodi-prodi baru adalah Peraturan Mendikbudristek Nomor 53 Tahun 2023 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi dan persetujuan senat UT.

Dari hasil kajian awal, sebagian besar responden berminat untuk kuliah di UT antara lain karena UT sudah mendapatkan sertifikat internasional dalam kualitas penyelengaaraan layanan pendidikan tinggi jarak jauh (PTJJ). UT juga terakreditasi nasional untuk penyelenggaraan program studi-program studi unggulan. “Banyak masyarakat yang berminat kuliah di UT karena layanan akademik dan kualitas tenaga pengajar yang baik, serta karena layanan administrasi akademik yang baik,” terangnya.

Dia mengungkapkan untuk makin memperkuat pembangunan kapasitas SDM di Indonesia, UT secara resmi membuka 2 prodi baru yaitu sebagai berikut: S1 Pendidikan Agama Islam, untuk seluruh UT Daerah dan Magister Pendidikan Anak Usia Dini (MPAD) diawali di lima UT Daerah (Bandar Lampung, Bandung, Denpasar, Jember, Semarang).

Lebih lanjut dikatakan khusus untuk Prodi MPAD dasar pembukaannya adalah hasil studi kelayakan dan adanya permintaan masyarakat, seperti permintaan mitra Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia (IGTKI)-PGRI.

Surat IGTKI kepada Rektor UT Nomor 057/E.Org/ PP IGTKI-PGRI/IV/2017 dilayangkan tanggal 18 April 2017, agar UT segera membuka program Magister S2 PAUD. Pemintaan tersebut dilanjutkan dengan penandatanganan Perjanjian Kerjasama dengan IGTKI pada 6 Agustus 2018 tentang Penyelenggaraan S1 dan S2 PAUD UT.

“Data lulusan PGPAUD-UT sejak 2017 – 2023 sebesar 49.401 orang, dan sebagian besar belum melanjutkan ke jenjang S2,” ucapnya.

Sementara, data pada BAN-PT, di Indonesia terdapat 149 Program Studi S1 PGPAUD/PIAUD, tetapi baru ada 13 Program Studi S2 PGPAUD, sehingga peran UT sangat strategis dalam penyambut keinginan masyarakat dalam peningkatan kualifikasi Guru PAUD. (jpnn)

  • Bagikan