Transformasi Jalan UHO Menuju Universitas Unggul

  • Bagikan
Rektor UHO, Prof. Dr. Muhammad Zamrun Firihu, S.Si., M.Si., M.Sc., bersama Para Pimpinan Fakultas dan Program Pendidikan lingkup Universitas Halu Oleo, usai pembukaan Raker UHO tahun 2024.
Rektor UHO, Prof. Dr. Muhammad Zamrun Firihu, S.Si., M.Si., M.Sc., bersama Para Pimpinan Fakultas dan Program Pendidikan lingkup Universitas Halu Oleo, usai pembukaan Raker UHO tahun 2024.

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Rektor Universitas Halu Oleo (UHO) Prof. Dr. Muhammad Zamrun Firihu, S.Si., M.Si., M.Sc telah meretas jalan untuk kemajuan kampusnya. Ia teguh pada jalan yang dipilihnya untuk menjadikan UHO sejajar dengan universitas lainnya di Indonesia. Transformasi dan inovasi menjadi jalan UHO menuju universitas unggul.

Peneguhan komitmen menjadikan UHO sebagai universitas terakreditasi unggul kembali menyeruak dalam rapat kerja (Raker) UHO tahun 2024. Raker digelar selama 2 hari , Rabu (17/1/2024) kemarin, hingga hari ini Kamis (18/1/2024). Raker UHO mengangkat tema "Transformasi dan Inovasi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Unggul.

Penyerahan SK penanggung jawab Indikator Kinerja Utama

Rektor UHO Prof. Dr. Muhammad Zamrun Firihu, S.Si., M.Si., M.Sc., mengatakan Raker UHO 2024 ini bertujuan untuk mengevaluasi pencapaian pada tahun 2023. "Kegiatan rapat tahun 2024 ini memiliki 2 fokus utama. Pertama, merefleksikan pencapaian yang telah kita raih pada tahun 2023, dan segala kekurangan yang teridentifikasi akan diperbaiki pada tahun 2024 ini. Kedua, hasil evaluasi dan refleksi pencapaian pada tahun 2023 sebagai dasar perencanaan program kerja tahun 2024," ujarnya saat membuka Raker UHO tahun 2024, Rabu (17/1/2024).

Rektor Prof. Zamrun menambahkan raker ini juga bertujuan untuk memaksimalkan semua program kerja pada semua unit kerja. Mulai dari tingkat fakultas hingga tingkat universitas. "Setelah raker ini selesai, kita semua langsung bekerja merealisasikan program kerja. Kita masih memiliki waktu sekira 11 bulan untuk memaksimalkan pelaksanaan program-program tersebut," ungkapnya.

Penyerahan Plakat kepada narasumber perwakilan Kemendikbudristekdikti saat Raker UHO tahun 2024.

Dalam rapat kerja itu, Rektor Prof. Zamrun kembali mengingatkan seluruh sivitas akademika terkait pencapaian target UHO meraih akreditasi unggul. "Fokus utama tahun 2024 ini adalah menjadikan UHO sebagai perguruan tinggi terakreditasi unggul. Kita harus mencapai target tersebut," tegasnya.

Rektor Prof. Zamrun menekankan seluruh jajaran atau fakultas UHO untuk mencapai Indikator Kinerja Utama (IKU) yang telah ditetapkan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

Foto bersama Rektor UHO, Prof. Dr. Muhammad Zamrun Firihu, S.Si., M.Si., M.Sc., (lima kanan) bersama jajaran pimpinan lingkup Universitas Halu Oleo saat pembukaan Raker UHO tahun 2024.

"Tidak ada program prioritas yang spesifik, namun kita harus selalu berdasarkan pada 8 IKU tersebut yang mencakup kinerja akademik dan non-akademik, serta kinerja keuangan. Semua aspek ini harus dijalankan dengan tujuan mencapai 8 IKU yang telah ditetapkan dengan bobot 100 persen," jelas Rektor Prof. Zamrun.

Rektor UHO 2 periode itu merinci 8 IKU yang ditetapkan Kemendikbud Ristek. Pertama, lulusan mendapat pekerjaan yang layak. Kedua, mahasiswa mendapat pengalaman di luar kampus. Ketiga, dosen berkegiatan di luar kampus. Keempat, praktisi mengajar di dalam kampus.

Rektor UHO, Prof. Dr. Muhammad Zamrun Firihu, S.Si., M.Si., M.Sc., (kanan) didampingi Wakil Rektor 1 Bidang Akademik UHO, Dr. La Hamimu (dua kanan), Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan UHO, Prof. Dr. Weka Widayati (tiga kanan) serta Dekan FMIPA UHO, Prof. Dr. Ida Usman (kiri).

Kelima, hasil kerja dosen digunakan oleh masyarakat. Keenam, program studi bekerjasama dengan mitra kelas dunia. Ketujuh, kelas kolaboratif. Delapan, partisipatif dan program studi berstandar internasional.

Sementara itu, Ketua Panitia Raker UHO 2024, Prof. Armid, S.Si., M.Si, M.Sc, DSC mengungkapkan capaian kinerja UHO pada tahun 2023 meningkat dibanding tahun sebelumnya. “Untuk tahun 2024 ini, ada beberapa IKU yang harus kita tingkatkan seperti IKU 5 dan 6. Kita harapkan kinerja kita pada tahun ini lebih meningkat lagi dibandingkan tahun 2023," ujarnya.

Wakil Rektor IV UHO itu menyebut, raker UHO dilaksanakan selama 2 hari terhitung sejak 17 hingga 18 Januari 2024. “Agenda hari ini (kemarin,red)adalah paparan Rektor UHO tentang capaian kinerja sepanjang tahun 2023, serta mendengarkan arahan rektor terkait target kinerja tahun 2024 ini,” ungkap Prof. Armid. (win/b)

  • Bagikan