2025, Prodi Teknik Sipil Ajukan Akreditasi Internasional

  • Bagikan
Wakil Dekan Bidang Akademik FT UHO, Prof. Dr. Laode Muhammad Golok Jaya, ST., MT.
Wakil Dekan Bidang Akademik FT UHO, Prof. Dr. Laode Muhammad Golok Jaya, ST., MT.

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Setelah meraih akreditasi unggul di Desember 2022 lalu, Program Studi (Prodi) Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Halu Oleo (FT UHO) tengah melakukan persiapan untuk mengajukan akreditasi internasional di tahun 2025 mendatang.

Wakil Dekan Bidang Akademik FT UHO, Prof. Dr. Laode Muhammad Golok Jaya, ST., MT., mengatakan bahwa Prodi S1 Teknik Sipil saat ini sudah akreditasi unggul dan dalam upaya untuk akreditasi internasional. “Tahun 2025 mendatang Prodi Teknik Sipil akan mengajukan akreditasi internasional. Dimana tahun ini kami sedang melakukan persiapan,” ujarnya saat dikonfirmasi.

Prof. Golok Jaya menyebut, bahwa dalam persiapan akreditasi internasional Prodi Teknik Sipil akan harus mempersiapkan kurikulum yang berbasis Outcome Based Education (OBE) yang mengarah pada standar internasional. “OBE juga salah satu pendekatan yang menekankan pada keberlanjutan proses pembelajaran secara inovatif, interaktif, dan efektif. Sehingga penerapan OBE berpengaruh pada keseluruhan proses pendidikan dari rancangan kurikulum,” ucapnya.

Ia juga menjelaskan, bahwa akreditasi Fakultas sangat penting adanya. Karena akreditasi adalah penentuan standar kualitas dan penilaian terhadap sebuah lembaga pendidikan, dalam hal ini perguruan tinggi, oleh pihak independen di luar lembaga tersebut. “Oleh karena itu, kami terus mendorong jurusan atau Prodi untuk meningkatkan akreditasinya,” jelasnya.

Ia menambahkan, bahwa diharapkan tahun ini penyusunan borang atau dokumen dapat berjalan dengan lancar. Sehingga di tahun 2025 itu segera diajukan. “Kita harapkan setelah kita ajukan itu dapat segera keluar dan meraih akreditasi internasional. Sehingga dapat dirasakan oleh mahasiswa Prodi Teknik Sipil khususnya,” pungkas Prof. Golok Jaya. (win/b)

  • Bagikan