Unsultra Perkuat Inovasi, Jejaring dan Kolaborasi Institusi

  • Bagikan
Suasana program Visiting Lecture (Profesor) dalam bentuk kegiatan International General Lecture Global Collaboration in Realizing Great University’s HR by Using Technology dengan pembicara Luis Miguel Oliveira De Barros Cardoso, Ph.D dari The Polytechnic Institute of Portalegre, Portugal. (TANGKAPAN LAYAR VIA ZOOM)
Suasana program Visiting Lecture (Profesor) dalam bentuk kegiatan International General Lecture Global Collaboration in Realizing Great University’s HR by Using Technology dengan pembicara Luis Miguel Oliveira De Barros Cardoso, Ph.D dari The Polytechnic Institute of Portalegre, Portugal. (TANGKAPAN LAYAR VIA ZOOM)

--Gandeng The Polytechnic Institute of Portalegre

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra) terus bergeliat di era disrupsi. Saat ini perubahan berjalan begitu cepat, seiring dengan percepatan perkembangan teknologi dan informasi, sehingga dunia pendidikan secara global termasuk Indonesia perlu melakukan antisipasi dan penyesuaian. Dinamika percepatan perubahan ilmu dan teknologi menuntut Perguruan Tinggi (PT) khususnya Unsultra selalu meningkatkan kualitas pengelolaan dan bertransformasi.

Menyadari hal ini, Unsultra menyelenggarakan kegiatan akademik melalui program Visiting Lecture (Profesor) dalam bentuk kegiatan International General Lecture Global Collaboration in Realizing Great University’s HR by Using Technology dengan pembicara Luis Miguel Oliveira De Barros Cardoso, Ph.D dari The Polytechnic Institute of Portalegre, Portugal. Kegiatan ini diselenggarakan secara virtual dengan peserta dosen dan mahasiswa Unsultra, dan mahasiswa dari PT dalam negeri serta peserta dari luar negeri seperti dari Portugal, India dan Bangladesh.

Rektor Unsultra, Prof. Dr. Andi Bahrun, M.Sc., Agric., mengatakan bahwa Unsultra bersyukur adanya kegiatan General Lecture sebagai tindak lanjut dari kerja sama Unsultra dan The Polytechnic Institute of Portalegre, Portugal. Bukan rahasia lagi bahwa pendidikan tinggi dituntut lsemakin mengglobal dan kompetitif.

“Salah satu komitmen kami terhadap kompetensi mahasiswa adalah penguasaan Ilmu pengetahuan dan teknologi digital serta berbagai keterampilan yang dibutuhkan sesuai perkembangan zaman,” terangnya.

Unsultra terus berupaya secara sungguh-sungguh mempersiapkan mahasiswa agar memiliki keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah, kemampuan berkomunikasi, kreativitas dan kemampuan berinovasi, keterampilan berkolaborasi serta kemampuan dibidang teknologi digital. “Saya berterima kasih kepada Dr. Luis Cardoso yang bersedia memberikan materi dan pencerahan terkait tantangan dan peluang secara global dunia Pendidikan dan pentingnya kolaborasi pada semua level untuk kemajuan suatu PT di era kemajuan teknologi yang sangat pesat,” katanya.

Ia juga menyebut, bahwa melalui kegiatan akademik yang menghadirkan pembicara dari luar negeri dengan tematema isu global akan membuka wawasan bagi dosen dan mahasiswa Unsultra mendapatkan informasi, pengalaman dan pengetahuan yang lebih luas, sehingga akan memungkinkan terjadinya perubahan mindset atau pola pikir yang pada gilirannya akan terjadi lompatan kemajuan di Unsultra serta lahirnya lulusan Unsultra yang adaptif, inovatif, kolaboratif, dan unggul dalam bidang teknologi digital. “Dalam era revolusi industri 4.0, dunia akademik masa mendatang akan semakin mengglobal, sehingga menuntut PT untuk memperkuat inovasi, jejaring dan kolaborasi institusi dalam dan luar negeri,” ucapnya.

Mantan Ketua Universitas Terbuka Kendari ini, menambahkan bahwa frekuensi kegiatan berskala internasional harus terus diupayakan demi tetap menggelorakan Unsultra In Global Acation, Dream to Become a Future University. “Unsultra for Global Collaboration Dr. Luis Cardoso, adalah suatu yang istimewa bisa diundang oleh Unsultra, bersedia bermitra dan membantu Unsultra serta sudah menyatakan kesediaan membantu dan berkunjung ke Unsultra,” tandasnya Prof. Andi Bahrun.

Sementara, Dr. Luis menyatakan bahwa suatu kehormatan bagi dirinya telah bekerjasama dengan Unsultra. “Saya selalu siap apabila Rektor Unsultra membutuhkan. Semoga kami dapat bekerja langsung di Unsultra ketika saya dapat kembali ke Indonesia lain kali, pesan dari,” tambah Dr.Luis. (win/b)

  • Bagikan