Polri Rp 4 Miliar, TNI Rp 1,3 Miliar

  • Bagikan
Sunardin Dani
Sunardin Dani

--Untuk Pengamanan Pilkada

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Dalam rangka menyukseskan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun ini, Pemkab Buton memberikan dukungan anggaran maksimal pada seluruh penyelenggara dan aparat keamanan. Anggaran senilai Rp 5,3 miliar untuk pengamanan Pilkada. Rinciannya TNI senilai Rp 1,3 miliar dan Polri Rp 4 miliar.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Buton Sunardin Dani mengatakan setelah kesepakatan APBD tahun 2024, maka anggaran pengamanan Pilkada Buton terakumulasi sebesar Rp 5,3 miliar. “Pengamanan sudah masuk dalam APBD induk, karena yang APBD Perubahan 2023, hanya 40 persen untuk KPU dan Bawaslu, untuk pengamanan itu sudah masuk dalam APBD 2024 sekira Rp 5 miliar,” katanya kepada Kendari Pos.

Dirincinya, untuk Polri diberikan dukungan anggaran sebesar Rp 4 miliar sedangkan TNI sebesar Rp 1,3 miliar. Jumlah itu kata dia sudah disesuaikan dengan permintaan TNI Polri dan sudah melalui telaah pihak Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TA PD) dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Buton. “1,3 miliar TNI, Polri itu 4 miliar kurang lebih. Tapi ini khusus Pilkada. Kalau Pemilu ada di APBN,” tambahnya.

Untuk diketahui, selain Pengamanan, Pemda juga menganggarkan kebutuhan penyelenggara Pilkada yakni KPU dan Bawaslu. Keduanya dikunci dengan hitungan anggaran sebesar Rp 42,5 Miliar. 32 untuk KPU selebihnya untuk Bawaslu. “Masing-masing sudah dicairkan anggarannya 40 persen di APBD Perubahan kemarin. Sekarang tinggal 60 persen. On proses DPA kita sekarang,” pungkasnya. (lyn/c)

  • Bagikan