Implementasi Kurikulum Merdeka Dorong Minat dan Bakat Siswa di MTsn 1 Kendari

  • Bagikan
MTsN 1 Kendari
MTsN 1 Kendari

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Penerapan kurikulum merdeka di satuan pendidikan khususnya di MTsN 1 Kendari dinilai sangat efektif. Pasalnya implementasi kurikulum merdeka mampu menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa-siswi di sekolah.

Kepala MTsN 1 Kendari, Mappataliang, S.Pd., M.Pd, M.A mengatakan bahwa Kurikulum Merdeka telah menguatkan mutu pendidikan, karena memberikan kebebasan kepada guru untuk menerapkan pembelajaran yang lebih mendalam dan menyenangkan. “Implementasi kurikulum merdeka di MTsN 1 Kendari yang berpusat kepada siswa ini juga mengedepankan capaian pembelajaran melalui minat dan bakat,” ujarnya.

Ia menyebut, bahwa penerapan kurikulum merdeka MTsN 1 Kendari berjalan dengan baik. “Guru-guru pun melaksanakan pembelajaran sesuai yang menjadi tujuan kurikulum serta semangat pelaksanaan program Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin (P2RA),” ucapnya.

Di tahun pelajaran 2023/2024 MTsN 1 Kendari menerapkan kurikulum merdeka bagi Kelas VII dan Kelas VIII. “ Alhamdulillah dalam penerapannya tidak ada kendala. Kemudian pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) guru terus ditingkatkan dengan program P5 dan P2RA per semester yang diprogramkan 3 hingga 4 kali,” tuturnya.

Ia menambahkan, bahwa selain itu setiap tahunnya pelajaran baru pihaknya terus menambah atau mempersiapkan kelas digital. “Setiap tahun pelajaran selalu kita siapkan 2 kelas digital. Saat ini sementara berjalan sudah 4 kelas digital. Hal ini bertujuan untuk menciptakan pembelajaran yang berbasis digital,” tandasnya. (win/b)

  • Bagikan