MAN 1 Kendari Siapkan Siswa Masuk PT

  • Bagikan
Suasana pembelajaran di MAN 1 Kendari. (DOK. KENDARI POS)
Suasana pembelajaran di MAN 1 Kendari. (DOK. KENDARI POS)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - MAN 1 Kendari meraih akreditasi A atau Unggul tahun lalu. Setelah meraih akreditasi tersebut, sekolah yang dipimpin La Tangkalalo itu, terus berbenah mulai dari sarana hingga prasarana. Upaya tersebut dapat memudahkan siswa untuk mendaftar ke Perguruan Tinggi (PT) maupun dunia kerja.

Kepala MAN 1 Kendari, La Tangkalalo, S.Pd., M.Pd , mengatakan bahwa tahun 2022 MAN 1 Kendari meraih akreditasi unggul. “Keberadaan status akreditasi sangat penting untuk siswa-siswi kita. Selain mempermudah masuk ke PT ternama juga memudahkan siswa untuk masuk ke dunia kerja,” ujarnya.

La Tangkalalo menjelaskan, bahwa saat ini pihaknya tengah melakukan persiapan data-data siswa kelas XII untuk disinkronkan di Kemendikbudristekdikti dan Kementerian Agama. Persiapan pendaftaran bebas tes masuk perguruan tinggi. “Karena apabila salah satu data tidak sinkron, maka yang lain juga berdampak. Sehingga harus dilakukan jauh hari sebelum pendaftaran,” jelasnya.

Adanya status akreditasi unggul atau A, lanjut La Tangkalalo, sekolah yang dpimpinnya kebagian 40 persen siswa masuk perguruan tinggi. “Jadi setelah adanya akreditasi tersebut sekitar 40 persen siswa kami itu masuk ke perguruan tinggi baik itu swasta, negeri maupun sekolah kedinasan. Tahun lalu mencapai 40 persen dari total jumlah siswa kami yang masuk ke perguruan tinggi,” katanya.

Ia juga menuturkan, bahwa saat ini jumlah siswa kelas XII itu kurang lebih 415 orang. “Mudah-mudahan dari jumlah tersebut 40 persen dapat kembali tercover di perguruan tinggi di Indonesia. Selain itu, kami juga menyiapkan siswa-siswi yang siap kerja,” tuturnya.

Ia menambahkan, bahwa pihaknya juga setiap tahun melakukan pembinaan ekstra bagi kelas yang akan masuk perguruan tinggi. “Jadi ada kelas khusus untuk membimbing atau memberikan pelajaran tambahan untuk siswa-siswi kami yang berminat untuk masuk ke perguruan tinggi,” pungkasnya. (win/b)

  • Bagikan