Polda Sultra Konsisten Cegah Paham Radikalisme, Terorisme, dan Intoleransi

  • Bagikan
Kombes Pol. Ferry Walintukan Kabid Humas Polda Sulawesi Tenggara
Kombes Pol. Ferry Walintukan Kabid Humas Polda Sulawesi Tenggara

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Kepolisian Daerah Sulawesi Tenggara (Polda Sultra) terus menjaga konsisten dan memperkuat langkah pencegahan terhadap paham radikalisme, terorisme, dan intoleransi di seluruh wilayah Sultra.

Dalam upaya tersebut, Polda Sultra aktif melakukan koordinasi dengan berbagai pihak terkait dan membangun jaringan komunikasi yang solid, untuk memastikan informasi terkait segera teratasi.

Kabid Humas Polda Sulawesi Tenggara, Kombes Pol Ferry Walintukan, SIK., SH., MH, menjelaskan, pencegahan terhadap paham radikalisme, terorisme, dan intoleransi merupakan prioritas utama Polri.

"Kami terus berupaya melakukan langkahlangkah efektif dan terukur untuk mencegah penyebaran dan berkembangnya paham yang dapat mengancam keamanan dan ketertiban masyarakat," ungkap Kombes Pol Ferry dalam konferensi pers yang dilaksanakan di Markas Polda Sultra, 2 November 2023.

Salah satu langkah yang diambil Polda Sultra ada lah meningkatkan kerja sama dengan berbagai pihak terkait, termasuk pemerintah daerah, lembaga pendidikan, agama, dan masyarakat sipil. Dengan adanya kolaborasi ini, diharapkan akan terbentuk sinergi yang kuat dalam mengidentifikasi potensi radikalisme dan melakukan tindakan preventif.

"Kami berkomitmen untuk bekerja sama dengan semua pihak yang peduli terhadap keamanan dan ketertiban masyarakat. Koordinasi yang baik antara kepolisian dan stakeholder lainnya, akan memperkuat sinergi dalam mencegah adadan mengatasi potensi ancaman radikalisme dan terorisme," jelasnya.

Selain itu, Polda Sultra juga terus membangun jaringan komunikasi yang efisien untuk memastikan informasi terkait paham radikalisme, terorisme, dan intoleransi dapat tersebar dengan cepat dan akurat. Dengan memanfaatkan teknologi informasi dan sosial media, Polda Sulta berupaya menyampaikan pesanpesan pencegahan secara masif kepada masyarakat.

"Tingkat literasi dan pemahaman masyarakat terhadap bahaya radikalisme dan terorisme, menjadi kunci utama dalam upaya pencegahan. Oleh karena itu, Polri akan terus aktif dalam menyampaikan informasi dan edukasi kepada masyarakat guna meningkatkan kesadaran dan kewaspadaan bersama," terangnya.

Langkah proaktif yang diambil Polda Sultra ini diharapkan, dapat menciptakan lingkungan yang aman, damai, dan kondusif di seluruh wilayah Sultra. Masyarakat juga diimbau untuk berperan aktif dengan melaporkan segala potensi aktivitas radikalisme atau terorisme kepada pihak berwajib untuk segera ditindaklanjuti. (adv)

  • Bagikan