Jurusan PGSD UHO Lolos Program Daring Kolaboratif

  • Bagikan
Suasana perancangan proses pembelajaran digital. (EWIN ENDANG SAHPUTRI/KENDARI POS)
Suasana perancangan proses pembelajaran digital. (EWIN ENDANG SAHPUTRI/KENDARI POS)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo (FKIP UHO) mendapatkan hibah bantuan program daring kolaboratif (PDK) dari Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Ditjen Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Ketua Tim Pengusul hibah Dr. Izlan Sentyo, mengatakan bahwa hibah tersebut diperlombakan secara nasional dan diikuti oleh semua program studi se-Indonesia dibawah naungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Yang mana Jurusan PGSD UHO merupakan salah satu lembaga yang lolos dari 68 program studi se-Indonesia yang dinyatakan lolos dalam hibah ini.

"Hibah PDK ini diperuntukkan dalam rangka mendukung kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) yang memberikan kesempatan mahasiswa untuk mengambil SKS di luar program studi dan mendorong perguruan tinggi untuk terus melakukan inovasi pembelajaran pada era Industri 4.0," ujarnya.

Dijelaskan bahwa pihak Jurusan PGSD UHO sebelumnya sudah mengikuti seminar terkait program tersebut, dan telah menghasilkan beberapa dokumen diantaranya dokumen prosedur operasional baku sistem pembelajaran daring, Memorandum of Understanding (MoU) dengan program studi mitra, kolaborasi rencana pembelajaran semester, dan pembelajaran daring melalui SPADA Universitas Halu Oleo , dan restore mata kuliah pada SPADA Kemdikbud.

"Dalam pelaksanaan program daring kolaboratif ini, jurusan PGSD Universitas Halu Oleo menggandeng jurusan PGSD Universitas Musamus Merauke sebagai mitra dalam pelaksanaan program ini," jelasnya.

Izlan menambahkan, bahwa selain itu ada juga kolaborasi bersama dalam hal penentuan materi ajar, pembagian kerja dalam untuk konten pembelajaran, dan pembagian tugas dalam sistem pembelajaran daring dengan SPADA UHO dengan perbandingan pembagian kinerja 60 persen dari jurusan PGSD UHO dan 40 persen dari Jurusan PGSD Universitas Musamus Merauke. "Saat ini course mata kuliah telah di restore di SPADA Kemdikbud untuk dijadikan sebagai mata kuliah terbuka yang dapat diikuti oleh semua mahasiswa pada perguruan tinggi di Indonesia," pungkasnya. (win/b)

  • Bagikan