11 Titik Pasar Murah di Kendari Jelang Nataru

  • Bagikan
STABILITAS HARGA PANGAN: Staf Ahli Wali Kota Kendari, Muhammad Saiful (tengah) didampingi Kepala Disdagkop dan UKM Kendari, Alda Kesutan Lapae meninjau pasar murah di Kantor Camat Puuwatu, kemarin.
STABILITAS HARGA PANGAN: Staf Ahli Wali Kota Kendari, Muhammad Saiful (tengah) didampingi Kepala Disdagkop dan UKM Kendari, Alda Kesutan Lapae meninjau pasar murah di Kantor Camat Puuwatu, kemarin.

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Pemerintah Kota Kendari akan menggelar pasar murah di sebelas titik jelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023. Tujuannya mengendalikan inflasi yang kerap terjadi pada Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN). Perdana, pasar murah dilaksanakan di Kantor Camat Puuwatu, kemarin.

Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu yang diwakili Staf Ahli Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Keuangan Muhammad Saiful mengungkapkan, menjelang akhir tahun, seringkali terjadi fenomena kenaikan harga pangan yang tidak dapat dihindari akibat meningkatnya permintaan masyarakat.

Kondisi tersebut diperparah dengan perubahan iklim yang menyebabkan banyaknya gagal panen dan turut memicu kenaikan harga pada komoditas pangan.

“Akibat dari kondisi tersebut, menyebabkan menurunnya daya beli masyarakat yang pada akhirnya akan berpengaruh pada kesejahteraan masyarakat. Permasalahan stabilitas harga kebutuhan bahan pokok menjelang Nataru, bukan hanya terjadi di Kendari namun telah menjadi isu nasional, sehingga diperlukan langkah-langkah antisipasi guna meminimalisir dampaknya terhadap masyarakat,” ungkapnya usai memantau Pasar Murah di Kantor Kecamatan Puuwatu.

Dia berharap, pasar murah ini bisa mewujudkan keseimbangan, stabilitas harga dan stok di Kendari serta untuk membantu masyarakat memperoleh bahan pokok penting yang sering mengalami kenaikan harga menjelang penghujung akhir tahun.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Kota Kendari Aldakesutan Lapae menjelaskan pasar murah akan berlangsung di 11 kecamatan di Kota Kendari. Dalam kegiatan ini, pihaknya menggandeng Bulog, Perumda Kota Kendari dan beberapa distributor.

“Bahan-bahan pokok yang dimaksud seperti Beras Premium 5 Kilogram, Gula Pasir 2 Kilogram, dan Minyak Goreng 1 Liter yang dikemas dalam satu paket senilai Rp 131 ribu. Pemerintah Kota Kendari akan memberi subsidi untuk setiap paketnya senilai Rp 41 ribu sehingga nilai yang dibayar oleh masyarakat hanya sebesar Rp 90 ribu,” ungkap mantan Camat Kadia ini.

Sementara itu, Kepala bidang Perdagangan Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kota Kendari Dasril Yamin mengungkapkan, pihaknya menyediakan kupon sebanyak 3 ribu lembar untuk masyarakat sekitar. “ Setiap kecamatan kami jatah sebanyak 250- 300 kupon berdasarkan situasi dan kondisi kecamatan tersebut,” ungkap Dasril.

Rencananya pasar murah ini akan menyasar 10 Kecamatan lainnya di Kota Kendari yakni Kecamatan Abeli, Baruga, Kadia, Kambu, Kendari, Kendari Barat, Mandonga, Nambo, Poasia, dan Kecamatan Wuawua. (b/ags)

  • Bagikan