Unilaki Menyongsong Indonesia Emas 2045

  • Bagikan
Rektor Unilaki Prof. Dr. Hj. Rostin, SE., M.S (kiri), Ketua Dewan Pembina Yayasan Lakidende Razak Porosi, Hj.Siti Aminah Razak Porosi (2 dari kiri), Ketua Yayasan Lakidende Razak Porosi, Ir.Drs.H.Sjarif Sajang, M.Si (kanan) usai penyerahan 250 alumni secara simbolis kepada Ketua Ikatan Alumni (IKA) Unilaki, Hasruddin Laumara (2 dari kanan) usai dalam wisuda sarjana di Hotel Claro Kendari (11/12/2023). (MUH.ABDI ASMAUL AMRIN / KENDARI POS)
Rektor Unilaki Prof. Dr. Hj. Rostin, SE., M.S (kiri), Ketua Dewan Pembina Yayasan Lakidende Razak Porosi, Hj.Siti Aminah Razak Porosi (2 dari kiri), Ketua Yayasan Lakidende Razak Porosi, Ir.Drs.H.Sjarif Sajang, M.Si (kanan) usai penyerahan 250 alumni secara simbolis kepada Ketua Ikatan Alumni (IKA) Unilaki, Hasruddin Laumara (2 dari kanan) usai dalam wisuda sarjana di Hotel Claro Kendari (11/12/2023). (MUH.ABDI ASMAUL AMRIN / KENDARI POS)

--250 Sarjana dari 9 Prodi Diwisuda

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Saban tahun, Universitas Lakidende (Unilaki) mewisuda mahasiswanya. Kali ini, wisuda sarjana ke XXVIII (28) digelar dalam rapat senat terbuka luar biasa di Hotel Claro Kendari, Senin (11/12/2023) kemarin. Dalam rapat senat terbuka itu, perguruan tinggi swasta di Kabupaten Konawe ini meluluskan 250 sarjana dari 9 program studi (Prodi). Unilaki siap menyongsong Indonesia Emas 2045 melalui karya tri dharma perguruan tinggi.

250 sarjana yang kini menjadi alumni itu diserahkan secara simbolis kepada Ketua Ikatan Alumni (IKA) Unilaki, Hasruddin Laumara, S.Sos oleh Rektor Unilaki Prof. Dr. Hj. Rostin, SE., M.S yang disaksikan Ketua Dewan Pembina Yayasan Lakidende Razak Porosi, Hj.Siti Aminah Razak Porosi dan Ketua Yayasan Lakidende Razak Porosi, Ir.Drs.H.Sjarif Sajang, M.Si.

Rektor Unilaki Prof. Rostin mengungkapkan, memasuki tahun ke-4 menjalankan amanah sebagai rektor, Unilaki telah banyak mengalami perkembangan signifikan. "Terutama dalam pengelolaan tatanan sumber daya manusia yang berkarakter unggul dan kolektivitas kerja yang kuat dalam mewujudkan Unilaki yang inovatif, aman dengan kualitas mutu yang semakin baik," ujarnya saat menyampaikan kata sambutan dalam rapat senat terbuka luar biasa, Senin kemarin.

Mantan Dekan Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB) Universitas Halu Oleo (UHO) itu menjelaskan dalam 4 tahun terakhir ini, Unilaki semakin kuat dan terus bersinergi, baik antara perguruan tinggi negeri maupun swasta yang ada di Indonesia. Unilaki juga menjalin kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe, Konawe Utara, Pemkot Kendari, perusahaan swasta, BUMD dan BUMN yang ada di Sultra.

“Melalui penguatan kerja sama tersebut diharapkan dapat mendorong terwujudnya tanggungjawab bersama dalam pengembangan dan pemberdayaan sumber daya mahasiswa dan alumni yang berasal dari Unilaki dan memastikan Unilaki berkontribusi pengetahuan dalam percepatan pembangunan daerah dan nasional menuju Indonesia Emas 2045,”ungkap Rektor Prof. Rostin.

Rektor Unilaki Prof. Rostin menyampaikan beberapa akselerasi perkembangan capaian selama 1 tahun terakhir dalam berbagai bidang meliputi bidang akademik, penelitian, pengabdian, publikasi, seminar, kemahasiswaan dan alumni, sumber daya dan kerja sama.

Mahasiswa Universitas Lakidende (Unilaki) saat mengikuti proses wisuda ke-28 di Hotel Claro Kendari, Senin (11/12/23) (Muh. Abdi Asmaul Amrin/Kendari Pos)

Ia merinci, pada bidang akademik, Unilaki mendapat program beasiswa KIP kuliah sebanyak 11 orang pada tahun 2022. Tahun 2023 penerima KIP kuliah meningkat 200 persen atau sebanyak 32 mahasiswa. "Penerima KIP Kuliah terbagi dalam 2 skema yakni skema 1 sebanyak 13 mahasiswa penerima bantuan pendidikan dan biaya hidup dan skema 2 sebanyak 19 mahasiswa mendapat pembiayaan pendidikan," rinci Rektor Unilaki Prof. Rostin.

Rektor Unilaki Prof.Rostin menjelaskan, akselerasi bantuan kuliah tidak hanya terfokus pada program beasiswa KIP kuliah namun juga mendapat bantuan pendidikan UKT dari Pemkab Konawe untuk 140 mahasiswa. "Selain itu sejak tahun 2017-2022, Pemkab Konawe Utara mengirimkan 87 mahasiswa untuk kuliah di Unilaki melalui program beasiswa Konasara," sebutnya.

Rektor Unilaki Prof.Dr.Hj.Rostin, SE., M.S (tengah) didampingi Ketua Yayasan Lakidende Razak Porosi, Ir.Drs.H.Sjarif Sajang, M.Si (kiri) menyerahkan 250 alumni secara simbolis kepada Ketua Ikatan Alumni (IKA) Unilaki, Hasruddin Laumara (kanan) dalam wisuda sarjana di Hotel Claro Kendari, Senin (11/12/2023). (MUH.ABDI ASMAUL AMRIN / KENDARI POS)

Pada bidang penelitian, Unilaki memperoleh 4 judul penelitian dari Pemkab Konawe Utara pada tahun 2023. Anggaran penelitian sekira Rp950 juta. Selain itu, 5 judul penelitian hibah Dikti dengan total anggaran Rp 85,9 juta.

“Dalam rangka meningkatkan kualitas penelitian dosen, saya membuat program penelitian mandiri (penelitian internal). Sumber pendanaannya dari Unilaki sebanyak 15 judul penelitian. Total anggarannya sebesar Rp105 juta. Sehingga total penerimaan dari penelitian sebesar Rp1,1 miliar. In Sya Allah pada tahun mendatang, penelitian mandiri akan ditingkatkan baik dari segi jumlah penelitian maupun pendanaannya,” jelas Rektor Unilaki Prof. Rostin.

Tahun 2023 Unilaki melakukan 15 kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Sumber pendanaannya berasal dari internal sebesar Rp52 juta. “Kemudian pada bidang publikasi, dalam 2 tahun terakhir 73 publikasi jurnal ilmiah terakreditasi Dikti. Lalu, 6 publikasi jurnal internasional, 1 prosiding internasional, 3 hak atas kekayaan intelektual, dan 2 jurnal internasional terindeks Scopus,” tutur Rektor Unilaki Prof. Rostin.

Rektor Unilaki Prof.Dr.Hj.Rostin, SE., M.S (kiri) didampingi Dekan Fakultas Hukum Unilaki Dr.Handrawan, SH., MH mewisuda sarjana fakultas hukum Nur Ibtihal Arni L (kanan) dalam wisuda sarjana di Hotel Claro Kendari, Senin (11/12/2023). (MUH. ABDI ASMAUL AMRIN / KENDARI POS)

Pada bidang seminar, tahun 2023 Unilaki melaksanakan seminar internasional Asia-Pasifik "Devoted To Promotion Of Quality And Standars In Technical Educatian, dan 4 seminar nasional.

Rektor Unilaki Prof.Rostin menambahkan, Unilaki mengakselerasi dan meningkatkan mutu dosen profesional. Jumlah dosen sertifikasi terus meningkat. Tahun 2022 sekira 67 dosen tersertifikasi dan tahun 2023 terdapat 77 dosen tersertifikasi sebagai dosen profesional.

“Selain itu Unilaki menghasilkan 12 doktor. Saat ini 22 dosen sedang menempuh pendidikan doktor di beberapa universitas di Indonesia. Dalam beberapa tahun, doktor akan semakin bertambah dan Unilaki berpeluang mendirikan program pendidikan magister (S2) untuk beberapa prodi di masa mendatang,” tutup Rektor Unilaki Prof. Rostin. (kam/b)

  • Bagikan