Mahasiswa FT UHO Ikut Kuliah Umum Program Internship Jepang

  • Bagikan
Suasana Kuliah Umum Program Internship Jepang yang menghadirkan Direktur Umum Sugihara, Co., Ltd, Mr. Kashihara Masahiro dan Japan World Business, Mr. Yunoki Kaito di Aula lantai tiga FT UHO, Rabu (6/12). (EWIN ENDANG SAHPUTRI/KENDATI POS)
Suasana Kuliah Umum Program Internship Jepang yang menghadirkan Direktur Umum Sugihara, Co., Ltd, Mr. Kashihara Masahiro dan Japan World Business, Mr. Yunoki Kaito di Aula lantai tiga FT UHO, Rabu (6/12). (EWIN ENDANG SAHPUTRI/KENDATI POS)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Tingkatkan kompetensi dan Sumber Daya Manusia (SDM) Fakultas Teknik Universitas Halu Oleo (FT UHO) menggelar Kuliah Umum Program Internship Jepang yang menghadirkan Direktur Umum Sugihara, Co., Ltd, Mr. Kashihara Masahiro dan Japan World Business, Mr. Yunoki Kaito, di Aula lantai tiga FT UHO, Rabu (6/12).

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FT UHO, Prof. Dr. Ir. Idris A. Putra, ST., MT., mengucapkan terimakasih kepada Mr. Kashihara Masahiro dan Mr. Yunoki Kaito yang sudah menyempatkan hadir untuk memberikan kuliah umum Program Internship Jepang di FT UHO.

Prof Idris A. Putra, menjelaskan bahwa program magang ini telah dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui program (MBKM). Dalam kuliah umum ini membahas tentang peluang dan strategi agar para mahasiswa bisa menjalani proses magang dengan baik di Jepang khususnya di Sugihara, Co., Ltd.

“Sudah banyak kerja sama yang dilakukan FT UHO dengan perusahaan yang ada di Jepang. Tercatat ada sekitar 121 orang mahasiswa FT UHO yang ada di Jepang, sedangkan di Sugihara ini baru mau 2 kali pengrekrutan di FT,” bebernya.

Saat ini, proses rekrutmen mahasiswa magang di Jepang itu sudah selesai dan mereka saat ini sedang belajar berbahasa Jepang. Kalau sudah fasih berbahasa sesuai jadwal yang sudah ditentukan, mahasiswa tersebut akan diberangkatkan ke Jepang.

Prof Idris A. Putra pun berharap, mahasiswa yang mengikuti kuliah umum Program Internship Jepang ini agar tertarik magang di negeri Sakura tersebut. "Apalagi disana menawarkan berbagai teknologi maju, tentu bagi mahasiswa menjadi peluang untuk mempelajari teknologi tersebut untuk kemajuan bangsa Indonesia khususnya berdampak pada FT UHO," harapannya.

Sementara itu, Direktur Umum Sugihara, Co., Ltd; Mr. Kashihara Masahiro, mengungkapkan bahwa perusahaan Sugihara, Co., Ltd banyak mengambil mahasiswa FT UHO melalui program magang di Jepang dengan keahlian perakitan dan bagian pembuatan karpet mobil. Berdasarkan pengalaman sebelumnya FT UHO sendiri mempunyai Sumber Daya Manusia (SDM) yang cukup mumpuni dalam menekuni bidangnya masing-masing. Apalagi mahasiswa FT tersebut terbilang kerjanya cepat dan rajin.

“Tentunya keahlian dari mahasiswa program magang di Jepang itu tidak lain berkat proses perkuliahan yang didapatkan dari dosen- dosen yang mengajar di Fakultas Teknik UHO ,” katanya.

Ia menambahkan, program magang ini hanya menyasar bagi mahasiswa UHO saja. Pihaknya sendiri belum mau menjajaki kerjasama dengan Perguruan Tinggi (PT) lainnya di Sulawesi Tenggara (Sultra), apalagi memang perusahaan yang berlokasi di Hiroshima itu ingin menjajaki kerjasama yang lebih baik lagi kedepannya dengan kampus hijau itu. “Saya berharap, dengan digelarnya Kuliah Umum ini tengah program magang di Jepang. Bisa membuat mindset atau pola pikir mahasiswa khususnya mereka yang berminat mengikuti program ini. Saya yakin lewat program magang ini MBKM dapat menjadi salah satu jembatan untuk meraih sukses di masa depan,” pungkas Mr. Kashihara. (win/b)

  • Bagikan