Tim DivHumas Polri Tingkatkan Kompetensi Personel Polda Sultra

  • Bagikan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Tim Divisi Hubungan Masyarakat (DivHumas) Polri menjalankan program pemberdayaan dan pengembangan potensi tingkat satuan wilayah di Polda Sulawesi Tenggara pada Rabu, 15 November 2023.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kabid Humas Polda Sultra, Kombes Pol Ferry Walintukan, S.I.K., S.H., M.H, yang mendampingi Tim DivHumas Polri, termasuk Kabag Pensat Ropenmas Divhumas Polri Kombes Pol Hendra Rochmawan, S.I.K., M.H, dan Anjak Madya Bidang PID DivHumas Polri Kombes Pol Ade Yaya Suryana, S.I.K., M.H.

Peserta kegiatan ini terdiri dari pengemban fungsi kehumasan dari berbagai satuan kerja di Polda Sulawesi Tenggara. Dalam sambutannya, Kombes Hendra menyampaikan beberapa poin arahan dari Kepala DivHumas Polri, di antaranya adalah bahwa fungsi kehumasan harus memiliki kompetensi seperti public speaking, pembuatan berita, analisis media, manajemen media sosial, hingga pengelolaan opini publik.

"Kompetensi kehumasan bisa diperoleh melalui pendidikan atau pelatihan di bidang kehumasan yang diselenggarakan oleh Polri atau lembaga lain," ungkap Kombes Hendra.

Pengemban fungsi humas diharapkan melaksanakan berbagai kegiatan seperti agenda setting humas Polri, wawancara mendadak, jumpa pers, amplifikasi dan viralisasi, peliputan, pendataan, serta pelayanan informasi. Kombes Hendra menekankan bahwa setiap anggota Polri kedepannya akan menjadi pengemban fungsi humas, karena setiap personel Polri adalah representasi dari institusi.

Selain itu, Kombes Hendra juga mengajak anggota Polri untuk melibatkan keluarga dalam membantu mengemban fungsi humas, terutama dalam menampilkan kegiatan positif melalui media umum atau media sosial yang dimiliki. Ia juga menyoroti pentingnya memberikan respon positif terhadap konten atau pemberitaan terkait Polri melalui like, share, atau comment pada media sosial.

"Tidak ikut serta menyebarluaskan unggahan serta pemberitaan negatif tentang Polri atau yang belum pasti kebenarannya," tutupnya. Dengan adanya pemberdayaan ini, diharapkan fungsi kehumasan Polri di Polda Sulawesi Tenggara dapat semakin berkembang dan memberikan kontribusi positif dalam membangun citra institusi kepolisian. (KP)

  • Bagikan