Siswa MAN 1 Kendari Borong Juara

  • Bagikan
Salah satu siswa MAN 1 Kendari yang berhasil merus juara. MAN 1 Kendar
Salah satu siswa MAN 1 Kendari yang berhasil merus juara. MAN 1 Kendar

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- MAN 1 Kendari patut diapresiasi, pasalnya pada peringatan Hari Santri, beberapa waktu, membawa kabar gembira, pada momen tersebut menyisakan banyak prestasi yang berhasil ditorehkan dimulai dari lomba di bidang keagamaan, bahasa, seni, olahraga, hingga bidang konseling remaja.

Adapun siswa-siswa yang berhasil meraih prestasi, yakni Muhammad As'ad sebagai juara 3 lomba pidato bahasa Indonesia kategori putra tingkat MA se-Kota Kendari dalam rangka peringatan hari santri. Disusul barisan siswa MAN 1 Kendari sebagai juara 1 Kategori Santri/Siswa dalam kirab kebangsaan hari santri 2023 tingkat kanwil kemenag Sultra bidang bahasa, Azalea Marvelastri, Aurelia Az Zahra Harun, dan Rasikhatul Fikrah sebagai juara 3 lomba cerdas-cermat tingkat pelajar SMA/Sederajat se-Sultra dalam rangka memperingati Bulan Bahasa 2023.

Di bidang seni, Nursya Ramadhani sebagai juara 1 dan disusul Dimas Guntur sebagai juara harapan 3 dalam lomba nyanyi solo UT Student Talent 2023. Di bidang olahraga, Fauzan sebagai juara 1 taekwondo putra pada ajang poltek cup 2023 se-Indonesia timur. Terakhir, di bidang konseling, Dewi Echa Wulandari sebagai juara 2 pendidik sebaya dan Annisa Ramli sebagai juara 3 konselor sebaya dalam lomba PIK-R se-Kota Kendari.

Kepala MAN 1 Kendari, La Tangkalalo, S.Pd., M.Pd mengatakan bahwa kendati madrasah merupakan satuan pendidikan yang identik dengan agama, tetapi tidak cukup sampai di situ. Di madrasah, apalagi di MAN 1 Kendari banyak menampung siswa-siswa yang memiliki potensi di bidangnya masing-masing, bukan hanya bidang keagamaan.

"Saya selaku kepala MAN 1 Kendari tentu sangat bersyukur dan berbangga atas prestasi-prestasi yang sudah banyak berhasil diraih oleh peserta didik kami hingga saat ini. Selain kerja keras siswa, tentu ini juga tidak terlepas dari upaya, bimbingan, arahan, dan motivasi guru pembina kepada siswa-siswanya," bebernya.

La Tangkalalo juga menjelaskan bahwa dengan capaian prestasi yang sudah diraih siswa-siswa MAN 1 Kendari, baik di bidang keagamaan maupun di bidang non keagamaan tentu semakin menunjukkan bahwa madrasah juga selalu siap bersaing dengan sekolah-sekolah umum. "Sebagai lembaga pendidikan bercirikan Islam, madrasah menjadi wadah yang tepat dalam hal pengembangan minat dan bakat siswa. Karena biar bagaimanapun, ilmu apapun akan lebih berkah jika diperkuat dengan ilmu agama, begitu pula sebaliknya," jelasnya.

La Tangkalalo juga mempertegas bahwa MAN 1 Kendari memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada semua siswa untuk mengembangkan minat dan bakatnya di madrasah. "Yang bakatnya di bidang agama, kita bina dan kita perkuat. Yang bakatnya di bidang sains, olahraga, seni, bahasa, public speaking, penelitian, maupun bidang lain juga tetap kita akomodasi. Di madrasah ini kita sediakan wadah bagi semua siswa untuk berlatih dan memperkuat potensi-potensi itu," tegasnya.

La Tangkalalo pun berpesan agar mereka tetap menjadi pribadi yang tawadhu, ramah, dan selalu menunjukkan sikap-sikap positif. Mengakhiri pesannya, La Tangkalalo mengatakan bahwa dimanapun kaki dipijak, nilai-nilai agama tetap paling utama, nilai-nilai kemadrasahan harus tetap dijaga, karena itulah yang menjadi ciri siswa madrasah.

Ia menambahkan, bahwa dirinya berharap dengan prestasi yang telah diraih tersebut tidak menjadikan siswa-siswi untuk berhenti berlatih dan berusaha. "Selaku pimpinan juga berterima kasih kepada guru pembina yang senantiasa memberikan bimbingan kepada siswa-siswi MAN 1 Kendari," tutup La Tangkalalo(rls/win)

  • Bagikan