Cuaca Panas, El Nino Dilevel Moderat

  • Bagikan
DAMPAK EL NINO : Daun dari pepohonan di pesisir teluk kendari berguguran di Jalan Madusila Kendari, Rabu (18/10). (MUHAMMAD ABDI ASMAUL AMRIN/KENDARI POS)
DAMPAK EL NINO : Daun dari pepohonan di pesisir teluk kendari berguguran di Jalan Madusila Kendari, Rabu (18/10). (MUHAMMAD ABDI ASMAUL AMRIN/KENDARI POS)

-Kemarau Diprediksi Sampai Desember

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID --Musim kemarau tahun 2023 terbilang panjang. Jika tahun-tahun sebelumnya, musim hujan sudah melanda Kota Kendari di akhir Oktober atau awal November. Tahun ini, kemarau diprediksi hingga Desember. Fenomena alam ini disebabkan badai El Nino.

Kepala Stasiun Meteorologi Maritim (Stamar) Kelas II Kendari Sugeng Widarko mengungkapkan musim kemarau di Kota Kendari mundur sekitar 20 hari dari biasanya. Penyebabnya karena fenomena Badai El Nino yang masih berskala moderat. El Nino skala moderat kata dia, adalah fenomena peningkatan suhu udara dimana rata-rata indeks cuaca saat ini berada pada level tertinggi yakni mencapai angka diatas 1 dari normalnya berkisar 0,5.

"El Nino itu sebenarnya terjadi karena perbedaan indek cuaca. El Nino terjadi karena lautan Pasifik bagian tengah itu lagi menghangat dengan anomali positif itu nilainya moderat nilai indeksnya itu lebih dari satu," ungkap Sugeng kemarin.

Berdasarkan pantuan satelit Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), ia memprediksi fenomena Badai El Nino akan berangsur berakhir mulai pertengahan Desember. Makanya, kemarau panjang yang masih akan terjadi selama sebulan kedepan. Ia meminta masyarakat tidak melaksanakan aktivitas yang bisa menyulut kebakaran seperti membuang puntung rokok sembarangan termasuk membakar lahan pertanian.

"Kami harap masyarakat karena cuaca panas dan angin kencang kalau bisa jangan membakar sembarangan. Karena kemarin sudah ada korbannya di Abeli. Kemudia bagi masyarakat yang beraktifitas di luar kami sarankan untuk sering mengkonsumsi air putih supaya tidak dehidrasi," pungkasnya. (b/ags)

Status El Nino

  1. Berada di Level Moderat
    -Peningkatan Suhu Udara
    -Indeks Rata-rata Cuaca Dilevel Tertinggi
    -Mencapai Angka di Atas 1 (Indeks Cuaca)
    -Normalnya berkisar 0,5
  2. Perbedaan Indeks Cuaca
    -Lautan Pasifik Bagian Tengah Menghangat
  3. Diprediksi Mulai Pertengahan Desember
    -Musim Kemarau Masih Panjang
    -Kemarau Undur 20 Hari dari Biasanya
  • Bagikan