Wujudkan Mahasiswa Inovatif, Unsultra Helat Kuliah Umum

  • Bagikan
Mahasiswa Unsultra saat mengikuti kuliah umum yang menghadirkan pakar dari Universitas Airlangga, Surabaya, di Gedung WTC Unsultra, pekan lalu. (Ewin Endang Sahputri/Kendari Pos)
Mahasiswa Unsultra saat mengikuti kuliah umum yang menghadirkan pakar dari Universitas Airlangga, Surabaya, di Gedung WTC Unsultra, pekan lalu. (Ewin Endang Sahputri/Kendari Pos)

--Membangun Momentum Pendidikan Hukum di Era Revolusi Industri 4.0

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Menjawab tantangan saat ini, Magister Hukum Pascasarjana dan Fakultas Hukum Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra) menggelar kuliah umum bertemakan Membangun Momentum Pendidikan Hukum di Era Revolusi Industri 4.0 dan society 5.0 berkarakter dan bermartabat, di gedung WTC Unsultra, pekan lalu.

Rektor Unsultra, Prof. Dr. Ir. Andi Bahrun, M.Si,. Agric., mengatakan bahwa kuliah umum sudah menjadi tradisi ilmiah di kampus. “Setiap awal perkuliahan saya selalu mengimbau kepada Program Studi (Prodi) baik itu S1 maupun S2 agar menyelenggarakan kuliah umum. Kebetulan hari ini mahasiswa S1 dan S2 digabung dan menghadirkan narasumber dari Universitas Airlangga,” ujarnya.

Ia menjelaskan, kegiatan tersebut mengangkat tema Membangun Momentum Pendidikan Hukum di Era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0 Berkarakter dan Bermartabat. “Tema ini sangat relevan dengan visi dan misi Unsultra, pascasarjana dan Fakultas Hukum,” jelasnya.

Era disrupsi saat ini, kata dia, ada empat kata kuncinya, yaitu adaptasi bagaimana Fakultas Hukum merancang kurikulum berbasis digital dan metode pembelajaran yang beradaptasi di era disrupsi. Kedua, inovasi. Ketiga kolaborasi. “Dan yang terakhir digitalisasi dengan bekerjasama dengan berbagai pihak untuk merumuskan kurikulum berbasis digital. Saya minta fakultas Hukum agar kurikulum dan metode pembelajaran itu harus berbasis digital,” terang Prof Andi Bahrun.

Ia pun berharap, melalui kegiatan tersebut mahasiswa mendapatkan penyegaran materi baru dari narasumber dan dosen. “Mahasiswa harus memanfaatkan momen tersebut untuk mendapatkan ilmu dari pemateri yang hadir kali ini. Dikarenakan mahasiswa saat ini harus mampu menjawab tantangan saat ini,” harapannya.

Ia menambahkan, bahwa kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan frekuensi mahasiswa. Dengan frekuensi yang tinggi maka otak itu terus bekerja. “Selaku rektor saya sangat menyambut baik dan menyiapkan dan membangun pendidikan di era revolusi saat ini,” tutupnya. (win/b)

  • Bagikan