28 Tahun Menembus Lorong Waktu

  • Bagikan
Direktur Kendari Pos, Irwan Zainuddin
Direktur Kendari Pos, Irwan Zainuddin

--Irwan Zainuddin : Adaptasi dan Inovasi Jadi Kunci Sukses

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Harian Kendari Pos berusia 28 tahun, hari ini, Sabtu 9 September 2024. Kendari Pos lahir pada 9 September 1995. Selama 28 tahun, Kendari Pos menembus lorong waktu. Menerjang berbagai tantangan, salah satunya kemajuan teknologi informasi. Hadir di tengah kemajuan teknologi bukan menjadi akhir dari perjuangan harian koran terbesar di Sultra ini. Sebaliknya, era digital saat ini menjadi pijakan fundamental bagi Kendari Pos untuk berinovasi menjawab tantangan zaman demi karya dan eksistensi.

Direktur Kendari Pos, Irwan Zainuddin mengatakan menapaki jalan panjang selama 28 tahun, bukanlah perjalanan enteng bagi sebuah media mainstream untuk tetap eksis di tengah gempuran media cyber dan media sosial (medsos).

Bagi Direktur Irwan Zainuddin, sukses Kendari Pos menjaga eksistensi tak lepas dari adaptasi dan inovasi yang diciptakan oleh seluruh insan Kendari Pos. "Inovasi itu bernama konvergensi media. Melalui konvergensi media, Kendari Pos menghadirkan 6 platform media sebagai pendukung core (inti) bisnis yakni koran Kendari Pos," ujarnya, Jumat (8/9), kemarin.

Implementasi konvergensi media adalah media online KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID, kendarinews.com, ragamkendari. com, podcast Kendari Pos Channel, update news, dan koran elektronik (e-koran). Kendari Pos juga merangsek masuk ke ranah media sosial seperti instagram dan tik-tok.

"Di usia 28 tahun ini Kendari Pos tidak berdiam diri. Kita terus menghadirkan terobosan, inovasi, apalagi ditengah kemajuan jaman. Meskipun kita tahu diera kemajuan teknologi ini, banyak tantangan yang akan dihadapi oleh Kendari Pos. Kita harus merawat Kendari Pos agar sakin maju," ungkap Direktur Irwan Zainuddin.

Direktur Irwan Zainuddin berharap, selain adaptasi dan inovasi yang dihadirkan, seluruh insan Kendari Pos senantiasa menjaga kekompakkan agar industri media yang dibangun bisa berkelanjutan. Tentunya dalam bingkai semangat "Kerja Keras, Tumbuh Bersama dalam Kebersamaan".

Di sisi lain, Direktur Irwan Zainuddin berpesan kepada seluruh insan Kendari Pos agar tidak menganggap media massa lain sebagai kompetitor, melainkan sebagai mitra.

"Media massa lain itu adalah inspirasi bukan pesaing. Karena mereka hadir untuk memaksa kita menciptakan inovasi, memaksa kita untuk melahirkan semangat baru untuk berubah. Kuncinya, kembali lagi pada kemampuan kita untuk beradaptasi dan inovasi," kata Direktur Irwan Zainuddin.

Eksistensi Kendari Pos selama 28 tahun diapresiasi Sekretaris Daerah Provinsi Sultra, Asrun Lio. Kata dia, Kendari Pos adalah saksi perjalanan pembangunan daerah. "Usia 28 tahun merupakan usia yang cukup panjang bagi sebuah koran. Selama itu, Kendari Pos telah menjadi saksi perjalanan pembangunan daerah di jazirah Sultra," ujarnya.

Sajian informasi yang dikemas menarik, baik dari sisi konten maupun perwajahan koran membuat pembaca khususnya kalangan Pemprov Sultra selalu menantikan berita-berita yang disajikan.

"Kendari Pos diusia 28 tahun harus terus adaptif, terus berkembang, terus inovatif dalam menghadapi perkembangan dan perubahan zaman. Semoga Kendari Pos akan terus berkarya menghasilkan informasi yang objektif, dan memegang erat prinsip jurnalistik," ungkap Sekda Asrun Lio. (b/ags/rah)

  • Bagikan