Membangun Daerah Menuju Konsel Hebat

  • Bagikan
Kantor Bupati Konsel yang megah dan modern merupakan salah satu karya spektakuler Bupati Surunuddin Dangga. Kantor yang dilengkapi auditorium megah dan eskalator itu dibangun Mei 2017 dan diresmikan 2 Mei 2019.. (I NGURAH PANDI SANTOSA / KENDARI POS)
Kantor Bupati Konsel yang megah dan modern merupakan salah satu karya spektakuler Bupati Surunuddin Dangga. Kantor yang dilengkapi auditorium megah dan eskalator itu dibangun Mei 2017 dan diresmikan 2 Mei 2019.. (I NGURAH PANDI SANTOSA / KENDARI POS)

--Hari Ini, Peringatan HUT ke-21 Konsel

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Hari ini, 2 Mei 2024, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) berusia 21 tahun. Tahun 2003, Kabupaten Konsel memisahkan diri dari Kabupaten Konawe. Sejak saat itu, Kabupaten Konsel mengurus sendiri rumah tangganya. Termasuk pada aspek pembangunan daerah.

Kini, Kabupaten Konsel telah bertransformasi menjadi kabupaten yang berkembang. Dalam kendali duet Bupati Surunuddin Dangga dan Wakil Bupati Rasyid, pembangunan di Kabupaten Konsel menunjukkan kemajuan. Dalam 2 dekade lebih, kabupaten ini menjadi salah satu tonggak penting bagi pembangunan Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Konsel yang kini di bawah kepemimpinan Bupati H. Surunuddin Dangga, bersama wakilnya Rasyid, mencatat berbagai lompatan kemajuan. Dalam urusan pemerintahan dan pembinaan kepegawaian duet Bupati Surunuddin dan Wakil Bupati Rasyid dibantu Sekda Konsel Hj St Chadidjah.

Berbekal program kerja dan kepemimpinan yang visioner, Bupati Surunuddin telah memimpin daerah selama 2 periode menuju arah yang lebih baik. Melalui berbagai program pembangunan yang inovatif dan inklusif.

Dalam kepemimpinannya, Bupati Surunuddin berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui berbagai program sosial, pengembangan potensi unggulan desa, perekonomian, riset, inovasi, kesehatan, dan pendidikan.

Bupati Surunuddin mengatakan periode pertama menjabat wakilnya saat itu Arsalim (2016-2021), ia mengutamakan pembangunan infrastruktur mendasar dan strategis. Guna memperkuat fondasi pembangunan daerah dan meningkatkan aksesibilitas bagi seluruh masyarakat.

“Selain infrastruktur mendasar, arah pemerintahan juga makin difokuskan pada peningkatan kualitas hidup masyarakat. Lalu, meningkatkan tata kelola pemerintahan dan kepegawaian, penguatan SPBE, pelayanan publik, dan sistem pengelolaan keuangan,” ujar Bupati Surunuddin melalui Kendari Pos, Rabu (1/5/2024).

Pada periode kedua, Bupati Surunuddin bersama Wakilnya Rasyid, mereka meneguhkan pembangunan berbasis pedesanaan melalui program “Desa Maju Konsel Hebat”. Jargon pembangunan itu bukan sekadar janji. Secara konsisten ditunaikan. Menempatkan pembangunan berbasis pedesaan dengan visi “Menuju Konawe Selatan Sejahtera, Unggul dan Amanah Berbasis Pedesaan”.

“Kepada yang terhormat sesepuh, orang tua kita tokoh-tokoh masyarakat pejuang berdirinya Kabupaten Konawe Selatan, atas nama seluruh komponen masyarakat, kami sampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas terbentuknya Kabupaten Konawe Selatan,” kata Bupati Surunuddin.

Mantan Ketua DPRD Konsel itu juga mengapresiasi setinggi-tingginya atas kontribusi para Forkopimda Konsel, tokoh masyarakat Konsel, dan stakeholder terkait. “Apresiasi yang sama kami sampaikan kepada masyarakat Konsel yang senantiasa mendukung dan berkontribusi dalam pembangunan daerah,” ungkap Bupati Surunuddin.

Menurutnya, peringatan HUT ke-21 Konsel hari ini, Kamis 2 Mei 2024 merupaka wujud rasa syukur seluruh elemen di Konsel, baik pemerintah daerah, Forkopimda maupun masyarakat Konsel. “Tanggal 2 Mei 2003, tepatnya 21 tahun lalu merupakan momen penting dan puncak kebahagiaan segenap masyarakat yang berjuang mendirikan dan membangun Kabupaten Konawe Selatan yang kita cintai ini,” tutur Bupati Surunuddin.

Bagi Bupati Surunuddin, perjuangan itu sungguh tidak mudah dan butuh waktu panjang. “Untuk itu, HUT Konsel sangat layak kita peringati setiap tahun sebagai motivasi, koreksi dan evaluasi dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Konsel,” tutupnya. (ndi/b)

  • Bagikan