Pembangunan Daerah Butuh Perjuangan di Pusat

  • Bagikan
H. Ahmad Safei
H. Ahmad Safei

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Sejumlah program pembangunan yang dicanangkan Pemerintah Pusat berhasil dilaksanakan di Kabupaten Kolaka pada masa kepemimpinan Bupati, H. Ahmad Safei. Beberapa program yang telah dilaksanakan itu kini telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Bumi Mekongga. Safei mengakui, tak mudah untuk mendapatkan program tersebut.

“Agar program pusat itu bisa dilaksanakan di daerah ini, maka kita harus bersaing dengan daerah lain. Sementara jumlah kabupaten/kota di Indonesia itu lebih dari 500 dan mereka juga menginginkan program tersebut,” ungkap Safei saat membawakan sambutan pada acara hari kesatuan Gerak PKK Tingkat Kabupaten Kolaka tahun 2023, Kamis (7/9).

Safei menambahkan, Pemerintah Daerah tak bisa hanya mengandalkan sumber daya alam untuk mendapatkan anggaran dari pusat. Sebab itu dibutuhkan perjuangan.

“Dana bagi hasil (DBH) misalnya. Ada daerah yang punya 23 kilang minyak, tapi ia hanya mendapatkan DBH Rp 140 miliar. Sementara kita yang hanya punya nikel dan itupun tidak sebanyak daerah lain bisa mendapatkan DBH Rp 430 miliar,” tuturnya.

Dengan persaingan yang begitu ketat untuk mendapatkan program ataupun anggaran dari pusat, maka Kolaka-1 itu mengatakan bahwa dibutuhkan orang yang harus memperjuangkan itu di pusat. Olehnya itu, dirinya maju ke Senayan untuk memperjuangkan agar anggaran yang ada di pusat itu bisa dialokasi untuk pembangunan di Kabupaten Kolaka.

“Melalui kesempatan ini, izinkan saya untuk melanjutkan perjuangan. Saya ke Senayan bukan untuk tidur-tiduran, tetapi ingin melanjutkan pengabdian untuk membangun daerah kita ini,” tegas Safei. (c/fad)

  • Bagikan