Sektor Perikanan Sultra Aman dari Inflasi

  • Bagikan
Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sultra La Ode Kardini
Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sultra La Ode Kardini

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Kendati inflasi masih melanda Indonesia, namun sektor perikanan Sultra masih sangat aman dari inflasi. Stok ikan di Sultra masih melimpah. Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sultra La Ode Kardini mengatakan, pihaknya terus melakukan pemantauan lapangan mengenai stok ikan di Sultra. Mengingat data stok ikan harus disampaikan dalam rapat bersama inflasi setiap mingguan.

“Sampai saat ini stok ikan di Sultra masih terbilang cukup. Sehingga untuk masalah inflasi, kita tidak berpengaruh,” ujarnya. Dijelaskan, lembaganya memaksimalkan stok ikan di Sultra dengan memberikan bantuan kepada masyarakat berupa kapal 20 GT, 5 GT dan 1 GT di Sultra. Program ini telah dolakukan beberapa tahun terakhir.

“Kemudian kita juga berikan bantuan alat tangkap, dan semua itu kita bantu untuk memaksimalkan hasil perikanan kita,” ucapnya. Bahkan, kata dia, untuk tahun ini pihaknya menyiapkan program bantuan kapal ikan 50 GT. Kapal ini memiliki memiliki fasilitas lengkap sebagai kapal mata rantai ikan ke kabupaten-kabupaten. Sebagai contoh, bila kabupaten membutuhkan ikan maka kapal ini bisa menyuplai ikan untuk kabupaten yang membutuhkan. “Kita sudah anggarkan bantuan kapal ini sekira Rp 7 miliar untuk tahun 2023. Kita berharap bantuan sektor perikanan ini dapat dimanfaatkan secara maksimal,”pungkasnya. (rah/b)

  • Bagikan