Daya Serap DD di Muna Peringkat Kedua di Sultra

  • Bagikan
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Muna, Fajaruddin Wunanto
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Muna, Fajaruddin Wunanto

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Puluhan desa di Kabupaten Muna mulai melakukan pengusulan pencairan Dana Desa (DD) tahap tiga. Pencairan tahap satu yakni 40 persen dan tahap dua sebesar 40 persen sudah dituntaskan terhadap 123 desa di Muna. Daya serap DD tahun 2023 di Muna berada di posisi rangking dua se Sultra.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Muna, Fajaruddin Wunanto mengatakan pengusulan pencairan DD tahap ketiga harus terlebih dulu menuntaskan pertanggungjawaban penggunaan anggaran kedua. Karena hal tersebut sudah dilakukan, maka sudah banyak desa yang memasukan usulan pencairan. Sejauh ini, sudah ada puluhan desa yang mengusulkan pencairan tahap ketiga. Untuk tahap tiga besaran DD yakni 20 persen.

“Sudah banyak desa yang mengusulkan pencairan DD tahapan ketiga. Terhitung, sudah ada sekitar 50 lebih desa dari 123 desa yang ada di Muna. Jadi, sudah ada setengah dari seluruh desa di 22 kecamatan. Laporan yang dikumpulkan juga sudah lengkap semua,” kata Fajaruddin, Rabu (6/9).

Usai pencairan DD tahapan ketiga, pihaknya akan terjun langsung ke desa-desa. Hal tersebut dilakukan untuk meninjau proses pekerjaan di lapangan apakah bersinergi dengan proses pelaksanaannya. Bukan untuk mencari kesalahan para kepala desa. Namun, untuk menyelamatkan dan mengingatkan kepala desa tersebut.

“Ketika kita turun kelapangan dan kepala desa mengatakan pekerjaannya sudah selesai, namun diukur masih kurang dua meter maka kita bisa ingatkan. Dalam proses pengelolaan keuangan negara wajib untuk saling mengingatkan. Berdasarkan pengalaman sebelumnya, ada beberapa kepala desa yang tersangkut hukum. Sehingga, wajib kita saling mengawasi dan saling mengingatkan. Kami berharap, tidak ada lagi kepala desa yang bersangkutan dengan hukum,” ungkapnya.

Mantan Kepala Dinas Nakertrans itu menambahkan pihaknya akan terus menekankan kepada para kepala desa agar sebelum Oktober pencairan tahap tiga sudah selesai. Sehingga tidak ada lagi kepala desa yang melakukan pencairan diatas bulan itu.

“Kita akan ingatkan terus untuk penyelesaikan pekerjaan fisik lapangan. Olehnya itu, sebelum Oktober 2023 semua pencairan tahap ketiga selesai, kita akan kejar terus sehingga progres kita semakin membaik. Kemudian, rencananya malam tahun baru kita akan undang semua para kepala desa untuk menyerahkan reward kepada mereka yang progres pencairannya lebih cepat dan fisik lapangan lebih bagus,” tambahnya.

Selain itu, Fajaruddin memaparkan, penyaluran DD di Muna tahun 2023 mulai membaik. Sebelumnya, daya serap DD pada 123 desa berada di urutan nomor buncit, tahun ini berada posisi kedua tingkat Sultra. Hal tersebut membuktikan bahwa kerjasama DPMD bersama para kepala desa maupun pendamping desa membuahkan hasil maksimal.

“Alhamdulillah, berkat kerjasama kami bersama para kepala desa, pendamping dan tenaga ahli, daya serap DD baik dalam proses pencairan maupu penyaluran, maka Kabupaten Muna sudah masuk rangking dua se Sultra. Tinggal kita melihat dan mencek bagaimana proses pelaksanaan di lapangan,” pungkasnya. (deh/b)

  • Bagikan