Merawat Kemerdekaan, Persembahkan Karya

  • Bagikan
Pj Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu memasuki lapangan upacara di Balai Kota Kendari. Pada kesempatan itu, Asmawa bertindak sebagai inspektur upacara peringatan Hari Kemerdekaan ke-78 RI.
Pj Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu memasuki lapangan upacara di Balai Kota Kendari. Pada kesempatan itu, Asmawa bertindak sebagai inspektur upacara peringatan Hari Kemerdekaan ke-78 RI.

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke 78 Kemerdekaan RI di Balai Kota Kendari berlangsung khidmat, kemarin (17/8). Pj Wali Kota Kendari Asmawa bertindak sebagai inspektur upacara, yang dihadiri Forkopimda dan stakeholder terkait. Kesempatan itu, Asmawa Tosepu mengatakan, peringatan kemerdekaan RI ke 78 hendaknya menjadi refleksi dalam memantapkan peran dan kontribusi dalam mengisi kemerdekaan melalui karya pembangunan di berbagai dimensi sesuai bidang tugas masing-masing.

Kepala Kesbangpol Kota Kendari, Junaidin Umar melaporkan persiapan upacara Hari Kemerdekaan RI kepada Pj Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu

“Para pendiri bangsa juga telah meletakkan empat pilar kebangsaan yang telah menjadi penopang kemerdekaan, yaitu Pancasila sebagai falsafah negara, Undang-Undang 1945 sebagai kontra sub tertinggi, NKRI sebagai simbol negara dan Bhineka Tunggal Ika sebagai pembentuk jati diri bangsa,” ungkapnya. Di sisi lain, ia menjelaskan makna kemerdekaan yang hakiki adalah kebebasan, bebas dari kemiskinan, bebas dari keterbelakangan, bebas dari ketidakadilan, dan bebas dari ketergantungan.

Detik-detik pengibaran bendera merah putih di Balai Kota Kendari.

“Makna kemerdekaan itu adalah kebebasan, tapi kemerdekaan kita sekarang ini, bukan kemerdekaan dari penjajahan, tetapi kemerdekaan untuk kesejahteraan, kemerdekaan untuk kemandirian, kemerdekaan untuk kemajuan dan kemerdekaan untuk keadilan. Jadi mana kala kita bebas dari situ, maka saya pikir kita betul-betul sudah merdeka,” cetusnya. Sekedar informasi, pada upacara peringatan Kemerdekaan ke 78 RI ini, tiga pejabat Pemkot Kendari menerima penghargaan Satya Lencana Karya Satya pengabdian selama 10 tahun, 20 tahun dan 30 tahun dari Presiden Jokowi. Mereka adalah Cuncun (ASN Pemkot Kendari) , Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Dikmudora) Saemina dan Kepala Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pemakaman Kendari Agus Salim. Usai upacara, juga dimeriahkan dengan musik bambu dari pelajar SD dan SMP di Kota Kendari. (ags/adv)

Pj Wali Kota Kendari Dengarkan Pidato Presiden

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Asmawa Tosepu mengikuti Rapat Paripurna Istimewa dengan agenda mendengarkan pidato Presiden Jokowi dalam rangka peringatan hari Kemerdekaan ke-78 RI. Rapat paripurna ini yang disimak Pj Wali Kota Kendari bersama jajarannya melalui layar kaca, berlangsung di Sekretariat DPRD Kota Kendari, kemarin. Asmawa menjelaskan, mendengarkan pidato Presiden dilakukan untuk mengetahui kebijakan nasional, sehingga daerah bisa membuat kebijakan yang sinergis untuk mendukungnya.

Oleh karena itu, ia mengajak semua pihak untuk mengisi kemerdekaan dengan kerja keras, untuk mewujudkan Indonesia maju dan terus bergerak, mewujudkan Kota Kendari yang maju dan mandiri dengan pelayanan publik yang berkeadilan.

Sekedar informasi, rapat paripurna ini dihadiri Forkopimda, para Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, camat dan lurah se-Kota Kendari. (ags/adv)

  • Bagikan