Kepala Dinas Dikbud, Yusmin Apresiasi Gerak Jalan SMKN 2

  • Bagikan
Siswa SMKN 2 Kendari dalam lomba gerak jalan indah untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan ke-78 RI, Sabtu (12/8). (RAHMA SAFITRI HASLIM / KENDARI POS)
Siswa SMKN 2 Kendari dalam lomba gerak jalan indah untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan ke-78 RI, Sabtu (12/8). (RAHMA SAFITRI HASLIM / KENDARI POS)

--Siswa Garda Terdepan Perdamaian Melalui Prestasi dan Kreativitas

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Banyak cara untuk memeriahkan peringatan Hari Kemerdekaan ke-78 RI tahun 2023 ini. Ada yang mengemasnya dalam lomba olahraga dan seni, ada pula yang mengemasnya dengan menggelar gerak jalan indah. Seperti yang diinisiasi guru-guru SMKN 2 Kendari, baru-baru ini.

Sekolah itu mengadakan lomba gerak jalan indah antarjurusan. Kegiatan itu dibuka Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sultra, H.Yusmin. Mantan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga itu mengapresiasi gerak jalan indah SMKN 2 Kendari.

"Kegiatan gerak jalan indah SMKN 2 Kendari ini kita apresiasi. Kita bangga terhadap anak-anak. Kita juga apresiasi kepala sekolah, guru-guru dan seluruh staf. Karena ini bukan hanya soal baris berbaris, tetapi ini adalah bentuk dari wujud nasionalisme, patriotisme, rasa kebersamaan antara satu dengan yang lain," kata Kepala Dinas Dikbud Sultra, H.Yusmin saat membuka acara, Sabtu (12/8) lalu.

Kepala Dinas Dikbud Sultra, Yusmin saat membuka kegiatan gerak jalan indah yang digelar SMKN 2 Kendari, Sabtu (12/8). (RAHMA SAFITRI HASLIM / KENDARI POS)

Menurut Yusmin, kegiatan positif seperti ini harus terus di dorong secara berkelanjutan. Apalagi dalam momen peringatan Hari Kemerdekaan RI ini. Sebab, siswa dan anak-anak remaja lainnya harus menjadi garda terdepan dalam mendorong perdamaian di lingkungan sekitar.

"Di sini kita bangkitkan semangat mereka. Sehingga nantinya hal-hal negatif seperti tawuran itu pasti akan hilang dengan sendirinya. Apabila semangat dan kreativitas anak-anak terus dikembangkan di seluruh sekolah, maka mereka hanya akan fokus untuk menunjukkan prestasi dan kreativitasnya," kata Yusmin.

Mantan Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat (Karo Kesra) Setda Provinsi Sultra itu meminta siswa-siswa untuk berpartisipasi dalam acara pembentangan bendera merah putih sepanjang 17 kilometer pada 15 Agustus, besok. "Ini sebagai wujud nasionalisme dan cinta tanah air dalam momen semarak kemerdekaan yang akan kita gelar bersama," pungkas Yusmin.

Sementara itu, Kepala SMKN 2 Kendari, Ahmad Mustafa mengatakan, gerak jalan indah antarjurusan ini merupakan wujud menyambut Hari Kemerdekaan ke-78 RI. "Pesertanya merupakan seluruh siswa kelas X dan XI di SMKN 2 Kendari dengan melibatkan 13 jurusan yang terdiri dari 22 barisan. Setiap jurusan mengirimkan 1 hingga 4 barisan gerak jalan," ujarnya.

Ahmad Mustafa menjelaskan gerak jalan indah mengusung semangat mempererat persaudaraan, memupuk jiwa nasionalisme, dan membangkitkan rasa persatuan dan kesatuan diantara warga SMKN 2 Kendari.

"Yang sangat mendasar bahwa kita ingin mewujudkan satu visi di SMKN 2 Kendari yaitu ingin membangun karakter kebangsaan pada peserta didik kita. Nah ini yang kita mau wujudkan," ungkap Ahmad Mustafa.

Ia berharap, semoga melalui kegiatan gerak jalan indah ini akan terpupuk dan lahir karakter-karakter kebangsaan dalam diri para siswa SMKN 2 Kendari. Selain itu, memunculkan rasa persaudaraan. "Saya sangat berharap kepada seluruh siswa khususnya warga SMKN 2 Kendari agar dapat menghindari yang namanya perpecahan atau perkelahian," tutup Ahmad Mustafa. (rah/b)

  • Bagikan