Dukung Indonesia Maju, PP KAGAMA-UHO Helat Seminar Nasional

  • Bagikan
Foto bersama Rektor UHO, Prof. Dr. Muhammad Zamrun Firihu, S.Si., M.Si., M.Sc (depan kanan) mendampingi Wakil Ketua Umum Pengurus Pusat PP KAGAMA, Anwar Sanusi (kiri baju batik) dan anggota KAGAMA yang telah dilantik. (Ewin Endang Sahputri/Kendari Pos)
Foto bersama Rektor UHO, Prof. Dr. Muhammad Zamrun Firihu, S.Si., M.Si., M.Sc (depan kanan) mendampingi Wakil Ketua Umum Pengurus Pusat PP KAGAMA, Anwar Sanusi (kiri baju batik) dan anggota KAGAMA yang telah dilantik. (Ewin Endang Sahputri/Kendari Pos)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Pengurus Pusat Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (PP KAGAMA) kolaborasi Universitas Halu Oleo (UHO) gelar seminar nasional dengan tema percepatan hilirisasi industri sebagai prime mover ekonomi nasional untuk Indonesia maju, berdaulat dan berkelanjutan. Kegiatan tersebut juga dirangkaikan dengan pelantikan Prof. Dr. Muhammad Zamrun Firihu, S.Si., M.Si., M.Sc. sebagai Ketua Pengurus Daerah (Pengda) KAGAMA Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) masa bakti 2023- 2028, sekaligus pelantikan Pengurus Cabang (Pengcab) Kagama Kota Kendari dan Kepulauan Buton, di Same Hotel Kendari, Jumat (4/8).

Wakil Ketua Umum Pengurus Pusat PP KAGAMA, Anwar Sanusi mengatakan bahwa untuk pengurus yang telah dilantik wajib melaksanakan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga.

“Mematuhi keputusan musyawarah nasional KAGAMA dan segala ketentuan organisasi yang berlaku. Seluruh pengurus wajib menjunjung tinggi kehormatan, martabat organisasi dan dalam menyelesaikan persoalan harus dengan kekeluargaan.

Harus adil dan rajin dalam menjalankan organisasi untuk kepentingan bangsa dan negara,” bebernya.

Ia menyebut, bahwa ekonomi atau tambang di Sultra sangat luar biasa. Oleh karena itu pihaknya melakukan koordinasi secara efektif. “Termasuk kita juga minta peran para industri untuk berkontribusi agar mereka juga memiliki peran. Oleh karena itu kita harus menyiapkan SDM lokal agar mereka tidak menjadi penonton di daerah sendiri,” ucapnya.

Rektor UHO, Prof. Dr. Muhammad Zamrun Firihu, S.Si., M.Si., M.Sc., mengungkapkan bahwa Agustus ini bertepatan dengan dies natalis UHO, kemudian ada penawaran kerja sama dari PP KAGAMA untuk melaksanakan seminar nasional. “Tentunya kita sambut baik. Apalagi temanya sangat luar biasa yaitu bagaimana percepatan hilirisasi industri sebagai prime mover ekonomi nasional untuk Indonesia maju, berdaulat dan berkelanjutan. Ini juga salah satu rangkaian dari Pra Musyawarah Nasional (Pramunas) yang akan dilaksanakan 2024 mendatang, biasanya sebelum Pramunas itu kita adakan seminar,” ungkapnya.

Ketua KAGAMA Sultra ini, menjelaskan bahwa hilirisasi tentunya dibutuhkan juga S umb e r Daya Manusia (SDM). “Berarti disitulah tugas kita bagaimana menyiapkan SDM yang bisa mengembangkan proyek strategis hilirisasi seperti di bidang pertambangan, perikanan dan pertanian. Di UHO ada pengabdian dan penelitian sehingga kita bisa ikut berperan dalam hilirisasi baik itu dibidang pertambangan maupun pertanian,” jelasnya.

Sebelumnya, Rektor UHO dua periode itu sudah pernah dilantik periode 2018 hingga 2023. “Kita sudah rapat kerja daerah beberapa waktu lalu, saya kembali diamanahkan untuk menjadi Pengda KAGAMA Sultra masa bakti 2023 hingga 2028. Diharapkan untuk alumni KAGAMA tetap terus rukun, damai, dan berguna untuk pembangunan daerah di Sultra khususnya,” harap Prof Zamrun. (win/b).

  • Bagikan