Warga Kendari Dapat Layanan Kesehatan Gratis

  • Bagikan
Asmawa Tosepu
Asmawa Tosepu

--Kendari Capai Target UHC

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu berhasil mengupayakan warganya, mendapatkan layanan kesehatan gratis. Itu dibuktikan dengan ter-covernya sekira 332 ribu warga (95 persen) dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) dan Program Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda).

Asmawa mengatakan, kesehatan merupakan layanan mendasar, yang menjadi hak setiap warga negara. Oleh karena itu, pihaknya memastikan seluruh masyarakat Kota Kendari, mendapatkan layanan kesehatan. Bagi yang tidak mampu, diberikan secara gratis tanpa dipungut biaya.

Di Kota Kendari, kata Asmawa, masyarakat yang tercover dalam layanan kesehatan gratis, mencapai 95 persen atau sekira 332 ribu dari 350 ribu warga Kota Kendari. Capaian tersebut lanjut dia, membuat Kota Kendari berhasil mencapai target Universal Helath Coverage (UHC) yang ditetapkan pemerintah pusat.

“Beberapa waktu lalu (Januari 2023), kami telah mengajukan (data warga) ke Kemensos (agar tercover layanan JKN KIS). Itu sudah UHC, semua warga Kota Kendari (tercover layanan kesehatan gratis),” ungkap Asmawa Tosepu, kemarin.

Asmawa tak menampik, jika pada Maret 2023, Pemkot Kendari belum menerima penghargaan UHC yang digelar Kementerian Kordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI. Itu dikarenakan, pihaknya belum menyelesaikan beberapa masalah administrasi.

Kendati demikian, dia optimis Pemkot Kendari bisa meraih predikat tersebut. Pasalnya, pihaknya telah mengalokasikan anggaran, untuk menyelesaikan masalah administrasi, terkait perlindungan jaminan kesehatan kepada masyarakat.

“Sebenarnya (Maret 2023) kita sudah UHC.Tetapi kemudian ada kewajiban yang harus dibayarkan atas tunggakan ke BPJS. Nah itu sudah dianggarkan, suratnya itu sudah saya disposisi dan segera di proses,” jelasnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Kendari Pos dari Dinas Kesehatan Kesehatan Kendari, jumlah tunggakan yang akan diselesaikan Pemkot Kendari sebesar Rp.2 miliar. Tahun ini, Pemkot Kendari sudah menganggarkan penyelesaian tunggakan tersebut.

Perlu diketahui pula, penghargaan UHC Kota Kendari, dijadwalkan akan diserahkan pada momen peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-78 pada 17 Agustus mendatang. (b/ags)

  • Bagikan