Parlemen Puji Kinerja Parinringi

  • Bagikan
Pj.Bupati Kolut, Parinringi (kiri) dan Ketua DPRD Kolut, Buhari (kanan) bersama pejabat Forkopimda Kolut dalam sebuah kegiatan pemerintahan. (AMAL FADLI SENGA / KENDARI POS)
Pj.Bupati Kolut, Parinringi (kiri) dan Ketua DPRD Kolut, Buhari (kanan) bersama pejabat Forkopimda Kolut dalam sebuah kegiatan pemerintahan. (AMAL FADLI SENGA / KENDARI POS)

--Koleksi Penghargaan hingga Buka Kran Investasi

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Kinerja Penjabat (Pj) Bupati Kolaka Utara (Kolut), Parinringi menuai apresiasi parlemen. Sebagai mitra DPRD Kolut, karya Pj.Bupati Parinringi dianggap begitu cemerlang. Hampir setahun memimpin Bumi Patowonua, Pj.Bupati Parinringi seakan tak henti mengangkat citra Kolut di tingkat nasional.

Deretan pengakuan dari sejumlah kementerian terus berdatangan. Terbaru, mantan Wakil Bupati (Wabup) Konawe itu mengantarkan Kolut mengantarkan Kolut meraih supremasi di bidang perlindungan anak. Kolut dinobatkan sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA) 2023.

Ketua DPRD Kolut, Buhari mengatakan Kolut saat ini sudah ditangan sosok yang tepat. Prestasi demi prestasi yang dicatatkan Pj.Bupati Kolut, Parinringi menjadi legacy tersendiri. Sebagai bentuk apresiasi terhadap kinerja, DPRD Kolut mengusulkan Parinringi sebagai
calon tunggal Pj.Bupati selanjutnya ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Dengan begitu, jabatan Pj.Bupati Kolut bisa diperpanjang setahun lagi untuk Parinringi. Parlemen puas dengan program kerja pemerintah yang dikomandoi Parinringi. "Penghargaan KLA kategori pratama 2023 tentunya akan menambah koleksi pencapaian yang diraih Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolut," ujar Buhari kepada Kendari Pos, kemarin.

"Pengakuan ini menandakan Parinringi memiliki komitmen yang besar terhadap upaya perlindungan anak. Jadi, sudah sewajarnya teman-teman DPRD setuju agar tak perlu ada orang baru. Sebab Pj.Bupati (Parinringi) saat ini sudah cukup mumpuni," sambung Buhari.

Sebelum mendapat penghargaan dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) lanjut politisi Partai NasDem itu, Pj.Bupati Parinringi sukses mengantar Kolut meraih berbagai prestasi dan pengakuan lainnya.

Pada tahun 2023, Kolut kembali meraih gelar prestisius di bidang kebersihan dan lingkungan melalui Piala Adipura dan penghargaan Universal Health Coverafe (UHC) award dari Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK).

"Kolut juga sukses menjadi peringkat pertama tingkat penyerapan belanja anggaran tahun 2022 lalu. Kita juga mampu mempertahankan Raihan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dan masih banyak lagi penghargaan lainnya. Jadi, sangat wajar DPRD Kolut ajukan nama beliau," tutur Buhari.

Tahun 2022 lalu sambungnya, Kolut juga mampu menyabet dua penghargaan dari pemerintah pusat yakni dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenpanRB). Sistem Layanan Adminduk Kolaka Utara Offline Online Terintegrasi (Si Laku O2T) Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kolut masuk 45 inovasi layanan publik.

Di penghujung tahun 2022, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) menobatkan Kolut sebagai Kabupaten Peduli HAM. Di level provinsi, Desa Saludongka Kecamatan Pakue Utara menjadi juara pertama Desa Tematik.

Bukan hanya capaian prestasi, kemampuan Pj.Bupati Parinringi menarik investasi sangat mumpuni. Saat ini, sejumlah investor telah menyatakan ketertarikannya membangun pabrik pengolahan nikel. Dengan adanya orang baru, DPRD khawatir tahapan yang telah berjalan akan berakhir di tengah jalan.

"Kita harus jujur. Beliau (Parinringi) punya potensi besar membantu Kolut lebih maju dan menarik investasi. Kalau sudah ada sosok yang tepat, buat apa lagi cari yang lain," tutup Buhari yang juga Caleg Daerah Pemilihan (Dapil) III DPRD Kolut ini. (mal/b)

  • Bagikan