1.300 Wanita Diedukasi Pengembangan Usaha

  • Bagikan
ADAPTASI UMKM : Kegiatan pengembangan kapasitas usaha akbar tahun 2023 yang diinisiasi Permodalan Nasional Madani (PNM) Cabang Baubau dan dihadiri Anggota DPD RI, MZ. Amirul Tamim dan Wali Kota, La Ode Ahmad Monianse. (ELYN IPO/KENDARI POS)
ADAPTASI UMKM : Kegiatan pengembangan kapasitas usaha akbar tahun 2023 yang diinisiasi Permodalan Nasional Madani (PNM) Cabang Baubau dan dihadiri Anggota DPD RI, MZ. Amirul Tamim dan Wali Kota, La Ode Ahmad Monianse. (ELYN IPO/KENDARI POS)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Sebanyak 1.300 wanita di Kota Baubau diedukasi bagaimana mengembangkan kapasitas usaha. Di dunia modern, mereka harus melek teknologi agar bisa masuk dan menguasai pasar UMKM. Para ibu itu berkumpul dalam kegiatan pengembangan kapasitas usaha (PKU) akbar tahun 2023 di Gedung Convention Center UMB Kota Baubau, diinisiasi Permodalan Nasional Madani (PNM) Cabang Baubau, menggandeng Pemerintah Kota Baubau, Buton dan Buton Selatan.

Mengangkat tema "Topepago Literasi Digital, Zamani Mobiliyna!" (Sambut Literasi Digital, Dunia Sudah Berubah!), kegiatan tersebut mendapat dukungan langsung dari Anggota DPD RI, Dr. H. MZ. Amirul Tamin dan Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Moniase.

Materi PNM digital dibawakan Muhammad Muslim, Manager Regional Mekar Cabang Baubau dan materi sosialisasi Agen BRILink oleh Ibu Asri Yana, PPBK RO BRI Cabang Baubau. Tujuan diselenggarakan kegiatan itu untuk mendukung adaptasi UMKM terhadap perubahan teknologi.

"Kegiatan ini bertujuan untuk membantu UMKM dalam mengatasi hambatan terkait teknologi dan memperkuat kemampuan mereka beradaptasi dengan perubahan zaman. Dengan begitu, UMKM dapat tetap bersaing dan tumbuh di pasar yang semakin modern," ungkap M. Akbar Rifani, Pimpinan PNM Cabang Baubau dalam sambutannya saat pembukaan kegiatan, kemarin.

Ditempat yang sama MZ. Amirul Tamin juga mengapresiasi terselenggaranya kegiatan itu. Menurutnya, literasi digital dan keuangan menjadi semakin relevan, terutama bagi pelaku usaha, terlebih UMKM sebagai tulang punggung perekonomian di banyak negara, termasuk Indonesia.

“Lebih dari itu, UMKM memiliki peran penting dalam menciptakan lapangan kerja, mendukung pertumbuhan ekonomi, serta mendorong inovasi,” kata mantan wali kota Baubau dua periode tersebut.

Sementara itu, Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse, mengatakan, Pemkot sangat menjaga komitmen dalam mendukung perkembangan wirausaha, demi mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. Moni pun mengapresiasi sosialisasi yang mengedukasi para pelaku UMKM itu.

“Sebagai kota berkembang, kita pun sangat merasakan peran positif UMKM bagi pertunbuhan ekonomi daerah. Karena itu, apa yang kita lakukan hari ini adalah bagian dari komitmen dan dukungan agar para ibu-ibu terus semangat berkarya dalam usahanya masing-masing,” ungkap Ketua PDIP Kota Baubau itu.

Menurut dia, pelaku usaha harus terus mencari dan menyambut kesempatan positif. Sebab bisa membuka peluang untuk berpromosi, menjalin kemitraan bisnis dan meningkatkan basis pelanggan UMKM Kota Baubau.

“Mari kita saling mendukung dan berkolaborasi untuk mewujudkan Baubau yang lebih maju, berdaya saing dan tangguh dalam era digital ini. Terima kasih kepada PT. PNM Cabang Baubau yang telah berperan aktif dalam upaya pemberdayaan ekonomi daerah ini,” terangnya. (b/lyn)

  • Bagikan