Dua Prodi Mandala Waluya Naik Tingkat

  • Bagikan
Rektor Universitas Mandala Waluya, Dr.Ratna Umi Nurlila, S.Si, M.Sc

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Luar biasa capaian yang diraih oleh Universitas Mandala Waluya (UMW) dari waktu ke waktu. Kini dari 10 program studi (prodi) di lembaga tersebut, 8 prodi sudah mengantongi akreditas sangat baik. Terakhir dua prodi dimaksud yaitu Prodi S1 Farmasi dan Prodi S2 Kesehatan Masyarakat (Kesmas) yang naik status dari baik menjadi sangat baik.

Rektor Universitas Mandala Waluya, Dr.Ratna Umi Nurlila, S.Si, M.Sc, menjelaskan, bila status baru tersebut tentunya diperoleh setelah melalui proses reakreditasi oleh Lembaga Akreditas LAM- PTKes. Yaitu melalui beberapa penilaian seperti SDM (dosen), Tri Dharma, penelitian dasar serta prestasi mahasiswa serta dosen.

"Ada 9 kriteria baru yang harus dipenuhi, Alhamdulillah kami bisa melalui semua itu, dan dua prodi kami yaitu S1 Farmasi dan S2 Kesmas naik tingkat menjadi sangat baik," terangnya.

Dengan naiknya status 2 prodi dimaksud, itu artinya secara institusi punya pengaruh besar. Dimana mutu lembaga pendidikan tentunya dilihat dari akreditas lembaga yang dimiliki. Hal ini juga memungkinkan UMW untuk bisa membuka prodi baru yakni Apoteker, dan hal itu sudah direncanakan sebelumnya.

Dr.Ratna Umi Nurlila berharap dengan meningkatnya kualitas institusi yang dipimpinnya itu, tentunya bisa menjadi acuan masyarakat untuk lebih mempercayai UMW. Bahkan saat ini UMW sedang menuju sistem pembelajaran RKPL. Yaitu sistem Rekomendasi Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL). Yakni pengakuan atas capaian pembelajaran seseorang yang diperoleh dari pendidikan formal, non formal, informal dan pengalaman kerja untuk mempercepat proses perkuliahan, atau pengurangan SKS.

"Sistem ini sudah berlaku di beberapa perguruan tinggi di Indonesia. Semoga dengan capaian dan mutu institusi yang semakin bagus, dapat juga diberlakukan di Mandala Waluya," pungkasnya.( Lis)

  • Bagikan