IAIN Kian Memikat, Prodi Pendidikan Agama Islam Primadona

  • Bagikan
Kampus IAIN Kendari kian memikat calon mahasiswa. Saban tahun, jumlah peminat terus meningkat. Tahun ini sekira 2.107 calon mahasiswa baru yang terdaftar.

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Eksistensi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari kian memikat. Saban tahun, peminatnya meningkat. Bahkan mencapai ribuan. Terbukti saat pelaksanaan Sistem Seleksi Elektronik Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SSE UM-PTKIN), tercatat sebanyak 2.107 calon mahasiswa baru yang terdaftar.

Rektor IAIN Kendari, Dr.Husain Insawan, M.Ag, mengatakan, animo anak-anak muda untuk kuliah di IAIN Kendari cukup tinggi. Bukan hanya dari Sultra tetapi calon mahasiswa dari daerah lain juga banyak yang berminat untuk menimba ilmu di IAIN Kendari.

"Pendaftar IAIN Kendari berasal dari berbagai kabupaten/kota di Sultra, terutama Kabupaten Konawe Selatan dan Konawe. Selain dari Sultra, ada juga dari Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Ambon dan Ternate, " ujar Rektor Dr.Husain Insawan, kepada Kendari Pos, Jumat (23/6), kemarin.

Ribuan peminat tersebut tersebar pada 20 program studi (prodi) dari 4 fakultas. Prodi Pendidikan Agama Islam menjadi primadona. Peminatnya mencapai 310 orang. Disusul prodi Manajemen Bisnis Syariah sebanyak 230 orang dan prodi Perbankan Syariah sebanyak 212 orang.

Rektor Dr.Husain Insawan

Meski jumlah pendaftar menembus 2.000-an, tahun akademik ini IAIN Kendari hanya menyiapkan kuota UM-PTKIN sekira 1.118 orang untuk seluruh prodi. "Kuota tertinggi diberikan kepada Prodi Pendidikan Agama Islam yaitu sebanyak 240 orang. Sedangkan kuota prodi lain berada di kisaran 40–120 orang. Oleh karena itu, rasio kelulusan dengan total jumlah peminat mencapai 50 persen," jelas Rektor Dr.Husain Insawan.

Dalam menyukseskan SSE UM-PTKIN, IAIN Kendari menyiapkan 80 personal computer (PC) sesuai spesifikasi yang dibutuhkan untuk penggunaan aplikasi. "Kami juga melengkapi dengan jaringan internet yang memadai untuk seluruh peserta. Hal itu untuk menghindari kendala teknis selama proses ujian berlangsung. Kami telah berupaya maksimal agar semua berjalan lancar,” tambah Rektor Dr.Husain Insawan.

Rektor Dr.Husain Insawan memastikan SSE UM-PTKIN tahun ini dilaksanakan secara objektif, jujur, adil sehingga bisa menghasilkan generasi berkualitas dan berdaya saing.
“Kita tidak menginginkan ada kecurangan yang mengurangi obyektifitas penilaian dalam kelulusan peserta SSE UM-PTKIN. Oleh karena itu saya meminta seluruh pengawas memantau dan memberikan perlakuan yang sama terhadap seluruh peserta,” tuturnya.

Punya 4 Fakultas Unggulan

IAIN Kendari memiliki 4 fakultas unggulan yakni Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Fakultas Syariah, Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah serta Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.

Selain ditopang oleh fakultas unggulan, IAIN Kendari juga dilengkapi dengan fasilitas lengkap dan modern antara lain memiliki gedung kuliah terpadu, gedung perpustakaan, laboratorium terpadu, gedung olahraga, ma’had al-Jami’ah, auditorium, gedung pusat kegiatan mahasiswa, perpustakaan yang dilengkapi dengan BI Corner dan Digital Access, serta layanan free wifi di lingkungan IAIN.

Bukan hanya itu, beberapa keunggulan lainnya yang bisa dinikmati masyarakat yang menambah ilmu di IAIN yakni biaya kuliah terjangkau. Sebagai perguruan tinggi negeri, IAIN Kendari menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas namun terjangkau untuk kalangan menengah ke bawah.

Selain itu, IAIN Kendari juga membuka akses pendidikan bagi masyarakat berprestasi dan kurang mampu melalui penyediaan program beasiswa. Beasiswa ini berasal dari Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) IAIN Kendari maupun dari pihak ketiga yang menjadi mitra IAIN Kendari.

Selanjutnya, layanan digital terintegrasi. Untuk memenuhi akses layanan akademik, kemahasiswaan, kepegawaian, keuangan, dan administrasi umum kepada seluruh sivitas akademika, IAIN Kendari telah memiliki sistem informasi berbasis digital yang lengkap dan terintegrasi. Layanan ini dapat diakses dimanapun tanpa dibatasi ruang dan waktu sehingga aktifitas pelayanan berjalan dengan lancar dan realtime.

Kemudian ada pembinaan minat dan bakat mahasiswa. Dalam rangka mendukung tercapainya peningkatan softskill dan hardskill mahasiswa, IAIN Kendari menyelenggarakan berbagai kegiatan pembinaan kemahasiswaan melalui Unit Kegiatan Khusus dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKK-UKM) maupun pembinaan berbasis organisasi kemahasiswaan lainnya baik yang diakui secara struktural maupun komunitas mandiri yang dibentuk oleh mahasiswa.

Terakhir, program kemitraan. Program kemitraan menjadi sebuah keniscayaan di era society 5.0 yang penuh tantangan dan permasalahan sosial. IAIN Kendari telah menjalin kerjasama dengan berbagai pihak dalam rangka mendukung terlaksananya tugas dan fungsi Tri Dharma Perguruan Tinggi. (ags/b)

PEMINAT MEMBLUDAK

BEREBUT KULIAH DI IAIN KENDARI
-Eksistensi IAIN Kendari kian memikat
-Saban tahun, peminatnya meningkat
-Bahkan mencapai ribuan pada tahun 2023
-Terbukti 2.107 calon mahasiswa baru mendaftar di IAIN Kendari
-Mereka mengikuti SSE UM-PTKIN
-SSE UM-PTKIN adalah Sistem Seleksi Elektronik Ujian
Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri

ANIMO TINGGI
-Animo anak-anak muda kuliah di IAIN Kendari cukup tinggi
-Calon mahasiswa bukan hanya dari Sultra
-Banyak peminat dari daerah lain
-Ada dari Sulasel, Sulbar, Sulteng, Ambon dan Ternate,

SEBARAN PEMINAT
-Ribuan peminat itu tersebar pada 20 program studi (prodi) di 4 fakultas
-Prodi Pendidikan Agama Islam menjadi primadona
-Peminatnya mencapai 310 orang
-Disusul prodi Manajemen Bisnis Syariah sebanyak 230 orang
-Lalu, Prodi Perbankan Syariah sebanyak 212 orang

SEBARAN KUOTA
-IAIN hanya menyiapkan 1.118 kuota UM-PTKIN tahun 2023
-Kuota tertinggi ada di Prodi Pendidikan Agama Islam, 240 kursi
-Kuota prodi lain berada di kisaran 40–120 orang
-Rasio kelulusan dengan total jumlah peminat mencapai 50 %

4 FAKULTAS UNGGULAN
-IAIN Kendari memiliki 4 fakultas unggulan
-4 fakultas unggulan yakni :
1.Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
2.Fakultas Syariah
3.Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah
4.Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam

PERSIAPAN SSE UM-PTKIN
-IAIN Kendari siap menyukseskan SSE UM-PTKIN
-IAIN menyiapkan 80 personal computer (PC) sesuai spesifikasi yang dibutuhkan
-Menyiapkan jaringan internet yang memadai
-Rektor memastikan SSE UM-PTKIN tahun ini
dilaksanakan secara objektif, jujur, dan adil
-Pengawas diminta memantau dan berlaku yang sama pada peserta seleksi

FASILITAS DI IAIN
-Gedung kuliah terpadu
-Gedung perpustakaan
-Laboratorium terpadu
-Gedung olahraga
-Ma’had al-Jami’ah
-Auditorium
-Gedung pusat kegiatan mahasiswa
-Perpustakaan yang dilengkapi BI Corner dan Digital Access
-Layanan free wifi di lingkungan IAIN

SUMBER : IAIN KENDARI
DATA DIOLAH KENDARI POS

  • Bagikan