Raih Akreditasi A, BPSDM Sultra “Naik Kelas”

  • Bagikan
BPSDM Sultra berhasil meraih akreditasi A nasional. BPSDM menggelar syukuran atas capaian itu sekaligus memperingati HUT ke-57 Kepala BPSDM Sultra, Syahruddin Nurdin (3 dari kanan). Manajemen Kendari Pos turut hadir dalam acara syukuran akreditasi A, Rabu (21/6), kemarin.


--Raih Akreditasi A dan Predikat Bintang 1 dari LAN RI

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Kualifikasi Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Sultra "naik kelas". Akreditasi A nasional diraih BPSDM Sultra yang sebelumnya mengantongi akreditasi B. Itu artinya BPSDM menjadi Kantor Penyelenggara Diklat dengan predikat bintang 1 (satu) dari Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (LAN RI).

Kepala BPSDM Sultra, Syahruddin Nurdin, mengatakan intansinya mengikuti visitasi akreditasi pendidikan dan latihan (Diklat) dari tim asesor LAN RI pada 16 Mei 2023. Dari hasil visitasi itu, pada 19 Juni 2023 LAN RI mengumumkan BPSDM Sultra berhasil meraih predikat bintang 1 untuk akreditasi pengembangan dan akreditasi A dengan skor 92 untuk pelatihan dari LAN RI.

"Akreditasi A ini sangat memuaskan bagi kami. Sebab, persiapan kami menghadapi akreditasi hanya 3 bulan. Capaian akreditasi A ini melampaui ekspektasi kami. Kami hanya bertekad mempertahankan akreditasi B," ujar Syahruddin Nurdin dalam acara syukuran di kantor BPSDM Sultra, Rabu (21/6), kemarin.

Mantan Kepala Badan Kesbangpol Sultra itu menjelaskan pencapaian akreditasi bintang 1 ini membuat BPSDM Sultra setara BPSDM daerah lain seperti Jawa Barat, Jawa Timur, dan Kementerian Luar Negeri. "BPSDM Sultra kini dapat melaksanakan semua jenis Diklat secara nasional, baik di Sultra maupun di luar provinsi, seperti Jawa, Sumatera, dan daerah lainnya di seluruh Indonesia," jelasnya.

Syahruddin Nurdin menambahkan raihan akreditasi A adalah hasil kerja keras semua aparatur BPSDM dalam mempersiapkan fasilitas dan memenuhi persyaratan untuk mencapai akreditasi tertinggi ini. "Dan tentunya, kami juga mendapatkan dukungan penuh dari pimpinan, terutama gubernur dan wakil gubernur, dalam upaya meningkatkan akreditasi kantor BPSDM ini," imbuhnya.

Mantan Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Sultra itu menegaskan, berbekal akreditas A, ia berencana membuka Diklatpim II tingkat nasional. Target peserta sekira 60-an orang. "Saat ini, kami hanya perlu mengajukan izin prinsip untuk melaksanakan Diklatpim II. Terakhir kali Sultra melaksanakan kegiatan Diklatpim II pada tahun 2005," tuturnya. (kam/c)

  • Bagikan