Aksan : Jika Jadi Wali Kota, Saya Bangun Kendari Melalui Program CBD

  • Bagikan
Aksan Jaya Putra (AJP)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Aksan Jaya Putra (AJP) mematangkan langkahnya terjun ke palagan Pemilihan Wali Kota (Pilwakot) Kendari 2024. Arah pembangunan Kota Kendari di masa mendatang sudah terpatri kuat dalam pikiran Aksan Jaya Putra (AJP). Beragam program kerja disiapkan ketika terpilih nanti. “Semua program telah kita siapkan dengan tagline ‘Kendari Bisa’. BISA yang dimaksud adalah Berdaya saing, Inovatif, Sejahtera, dan Aman. Masyarakat Kota Kendari akan bahagia dengan program ini, karena kita akan memfokuskan pembangunan kota Kendari yang terpusat,” ujar Aksan Jaya Putra kepada Kendari Pos, Senin (19/6), kemarin.

Pengalaman menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sultra menjadi salah satu referens inya jika nanti berada di pemerintahan (eksekutif ). AJP yang juga berlatar belakang pengusaha memiliki desain membangun Kota Kendari dari jasa bisnis. Politisi yang karib disapa AJP itu menyiapkan program Central Business District (CBD). “CBD ini adalah bagian kecil dari kota yang menjadi pusat segala kegiatan bisnis, ekonomi, dan teknologi. Tempat ini akan menjadi pusat perputaran uang yang sangat besar dan dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Kendari,” ungkap AJP.

Misi pembangunan AJP itu kerap digaungkannya ketika dalam setiap kunjungannya di tengah masyarakat Kota Kendari. AJP meyakini pembangunan tanpa dukungan PAD maka dinamika pembangunan berjalan lambat. “Terlebih lagi, jika kita hanya mengandalkan pembangunan dari Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Alokasi Khusus (DAK), kemajuan akan sulit dicapai,” tuturnya.

Ketua Umum Musyawarah Kekeluargaan Gotong Royong (MKGR) Sultra itu menegaskan mengingat pemerintahan sebelumnya telah meninggalkan utang melalui pinjaman Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), maka wali kota di masa depan harus mempertimbangkan utang ini. “Kita harus memikirkan sumber PAD lainnya agar pembangunan tetap berjalan sebagaimana mestinya. Karena utang tetap harus dibayar,” tegas AJP.

Ketua Bapilu Partai Golkar Sultra itu berharap dengan peningkatan PAD, seluruh perekonomian akan meningkat, dan pembangunan akan dilaksanakan sesuai dengan harapan seluruh masyarakat Kota Kendari. “Program beasiswa untuk siswa sekolah dasar, menengah, atas, dan mahasiswa akan kita berikangalakkan. Hal ini akan diwujudkan melalui peningkatan PAD Kota Kendari,” imbuhnya. (kam/c)

  • Bagikan