Memori AMJ Gubernur Mulai Disusun, Target Tuntas Agustus

  • Bagikan
Kepala Bappeda Sultra, J. Robert

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Sulawesi Tenggara mulai menyusun memori akhir masa jabatan (AMJ) gubernur dan Wakil Gubernur. Memori itu nantinya, akan diserahkan kepada Penjabat (Pj) Gubernur. Sesuai ketentuan, AMJ Gubernur pada September 2023 mendatang.

“Saat ini memori akhir masa jabatan kita sementara susun. Paling lambat Agustus sudah rampung. Nanti saat serah terima Penjabat (P) Gubernur, memori i tu akan kita serahkan,” ungkap Kepala Bappeda Sultra, J. Robert, kemarin.

Robert menjelaskan, dalam memori akhir masa jabatan itu, bakal memuat kinerja selama lima tahun, terkait pembangunan daerah di masa kepemimpinan Gubernur Sultra, Ali Mazi dan Wagub, Lukman Abunawas. “Standarnya kita sesuaikan dengan target kinerja pembangunan daerah maupun organisasi perangkat daerah (OPD). Umumnya, dari target kinerja indikator OPD itu, secara bersama-sama akan membentuk indikator pembangunan daerah,” jelasnya.

Robert memberi satu gambaran indikator pembangunan daerah. Misalnya tingkat kemiskinan. Di mana dalam penentuan angka kemiskinan, banyak faktor indikator yang menentukan. Apalagi, berbicara masalah kemiskinan, sifatnya sangatlah multi sektor.

“Masalah kemiskinan , maka harus diintervensi berbagai macam urusan. Apakah terkait indikator kesehatan, infrastruktur atau lainnya. Dari semua itu, akan membentuk angka kemiskinan. Namun saat ini, semua masih sementara kita susun. Kemungkinan, bulan depan sudah bisa kelihatan arahnya,” imbuhnya. (b/rah)

  • Bagikan