Kemampuan Manajemen Pelaku IKM di Baubau Ditingkatkan

  • Bagikan
Suasana pelatihan manajemen usaha yang dihelat pihak Dinas Perindag Kota Baubau melalui DAK nonfisik tahun 2023 dan dibuka langsung Wali Kota, La Ode Ahmad Monianse, kemarin

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Kemampuan para pelaku industri kecil dan menengah (IKM) yang ada di Kota Baubau, terus ditingkatkan. Pemerintah Kota (Pemkot) intens mendorong kemampuan para penopang pergerakan ekonomi daerah tersebut, salah satunya dengan menggelar pelatihan manajemen usaha. Terbaru, pihak Dinas Perindag Kota Baubau melalui DAK nonfisik tahun 2023 menggelar pelatihan dan dibuka langsung Wali Kota, La Ode Ahmad Monianse.

"Ini merupakan fasilitasi peningkatan pelatihan kemampuan pelaku IKM dalam hal manajemen usaha. Apalagi sejak pandemi Covid-19 melanda, Pemkot Baubau diberikan cobaan terutama di bidang wirausaha. Namun hal tersebut tidak akan membuat semua pasrah begitu saja. Kita harus terus berjuang untuk memulihkan kondisi ini," kata Ahmad Monianse, memberi semangat, Senin (19/6).

Baubau-1 itu mengakui, pasca Indonesia dilanda Covid-19 yang berdampak pada kondisi sektor perdagangan daerah, pihaknya terus berupaya memacu pengembangan dan pembinaan pada pelaku IKM yang jumlahnya cukup banyak. "Agar bisa memberi kontribusi signifikan bagi pertumbuhan ekonomi daerah secara keseluruhan. Mau sebagus apapun produk kita, tanpa manajerial yang baik maka akan kewalahan. Jangankan usaha kecil, perusahaan-perusahaan raksasa bisa jatuh bangkrut itu hanya karena manajemennya yang tidak mampu membaca pasar dan peubahan kondisi,” papar Ahmad Monianse.

Ia menyampaikan, pelatihan manajemen usaha tersebut tentu akan menjadi modal besar bagi semua pelaku usaha dibidang apapun. Ia meminta pihak instansi terkait untuk terus memberikan bimbingan dan pendampingan pasca pelatihan tersebut. Termasuk membuka kemudahan dalam mengakses Perbankan dan lembaga keuangan lainnya untuk memastikan para pelaku usaha dapat menjalankan bisnisnya dengan baik dan terus berkembang. (lyn)

  • Bagikan