JCH Lansia Tangguh di Tanah Suci

  • Bagikan
Sekda Provinsi Sultra, Asrun Lio yang juga sebagai Petugas Haji Daerah (PHD) Sultra (2 dari kiri) bersama Ketua Kloter 24, Sugianto dan petugas medis saat mengunjungi JCH Sultra Kloter 24 UPG untuk memastikan kondisi JCH dalam melaksanakan rangkaian ibadah haji.


--Tuntas Tunaikan Pembayaran DAM

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Jemaah Calon Haji (JCH) Sultra, kloter 24 UPG didominasi kalangan lanjut usia (Lansia). Dimungkikan semangat yang ditinggi menunaikan haji menjadi kunci kekuatannya. Hingga hari ke-8 di Makkah, semua jemaah dalam kondisi sehat. Mereka tangguh di menunaikan ibadah haji di Tanah Suci, Makkah.

"Syukur alhamdulillah, hari ini (kemarin, red) kita sudah berada di Makkah selama 8 hari. Berkat doa seluruh masyarakat Sultra dan atas izin Allah SWT, 393 JCH di Kloter 24 dalam kondisi baik dan sehat, meskipun didominasi oleh para lansia," ujar Petugas Haji Daerah (PHD) Sultra, Asrun Lio melalui sambungan telepon dari Makkah, Minggu (18/6), kemarin.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sultra itu bersama Ketua Kloter 24 Sugianto dan petugas medis secara rutin melihat kondisi JCH Kloter 24 di Rawabi Mina Hotel, tempat menginap JCH. Hal ini bertujuan untuk memastikan kesehatan para JCH sekaligus memberikan layanan dan mengurangi risiko pelaksanaan puncak haji di Armina (Arafah, Muzdalifah, Mina).

"Meskipun sebagian besar JCH Kloter 24 adalah lansia, semangat mereka melaksanakan rangkaian ibadah haji tetap tinggi. Kami terus mengimbau JCH untuk meminimalkan aktivitas fisik di luar hotel tempat tinggal, karena khawatir akan membuat mereka menjadi lelah dan berdampak pada kondisi kesehatan. Apalagi suhu di Kota Makkah cukup tinggi, terutama pada siang hari," tutur Sekda Asrun Lio.

Mantan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sultra itu, menjelaskan pada hari ke-8 ibadahhaji ini, JCH Sultra Kloter 24 tuntas menunaikan pembayaran Dam 9denda) dan tinggal menunggu penyembelihan hewan yang akan dilakukan di sekitar kawasan Hudaibiyah, Kota Makkah.

"Mengingat jumlah jemaah yang cukup banyak, tahapan ini akan dilakukan dalam beberapa hari ke depan.Tepatnya sebelum menuju ke Mina yang direncanakan pada 8 Juli 2023," tutur Sekda Asrun Lio.

Ia juga tak henti-hentinya mengharapkan doa dari seluruh masyarakat Provinsi Sultra agar para jamaah haji selalu dalam lindungan Allah SWT. "Tentu agar para jemaah haji kita dapat melaksanakan seluruh rangkaian ibadah dengan baik sehingga mendapatkan predikat takwa di sisi Allah SWT. Aamiin," harap Sekda Asrun Lio. (rah/b)

JCH Lansia Tangguh di Tanah Suci

  • Bagikan