Standar Nasional, Stadion UHO MZF Diresmikan

  • Bagikan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Keputusan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Sulawesi Tenggara sudah sangat tepat memilih Prof. Dr. Muhammad Zamrun Firihu, S.Si., M.Si., M.Sc, sebagai ketua umumnya. Komitmen memajukan olahraga sepakbola terpatri kuat dalam jiwa Rektor Universitas Halu Oleo (UHO) itu. Buktinya, Prof. Muhammad Zamrun Firihu (MZF) menyediakan stadion representatif, kendati stadion itu milik UHO.

Eksistensi stadion UHO hasil renovasi itu menjawab problematika minimnya fasilitas untuk memajukan sepakbola di Sultra. Rektor UHO, Prof. Muhammad Zamrun Firihu (MZF) meresmikan stadion sepakbola UHO, Jumat (16/6), kemarin.

Stadion yang diberi nama stadion MZF itu didedikasikan Prof.Muh. Zamrun Firihu untuk menunjang kemajuan sepakbola, khususnya diinternal UHO. “Karena sudah diresmikan, stadion ini dapat digunakan. Namanya stadion UHO MZF yang merupakan singkatan nama saya,” ujarnya kepada Kendari Pos saat peresmian stadion.

Rektor UHO, Prof. Dr. Muhammad Zamrun Firihu, S.Si., M.Si (kiri) didampingi Ketua DWP UHO, Viska Inda Variani, S.Si., M.Si (tengah) menggunting pita menandai peresmian stadion UHO MZF, Jumat (16/6), kemarin.

Rektor Prof. Zamrun mengatakan stadion UHO MZF itu direnovasi sesuai standar nasional. Ia berharap kehadiran stadion UHO MZF ini dapat membangkitkan semangat sepakbola di Sultra, mengingat stadion pertama yang memenuhi standar nasional di Sultra. “Hal ini berarti Sultra juga dapat menyediakan lapangan yang berstandar nasional. Selain itu, lapangan ini dilengkapi dengan kanal drainase, sehingga mencegah genangan air dalam lapangan ketika hujan deras,” ungkap Prof. Zamrun.

Rektor UHO, Prof. Dr. Muhammad Zamrun Firihu, S.Si., M.Si melepas balon sebagai dalam peresmian stadion UHO MZF, Jumat (16/6), kemarin.

Kendati stadion itu milik UHO, Prof.Zamrun berencana stadion itu dapat dibuka untuk umum. Selain itu, dapat pula digunakan untuk event nasional dan mahasiswa. Namun, syarat penggunaan lapangan sepakbola itu akan disesuaikan dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang berlaku di UHO. “Kami akan mengatur SOP penggunaan stadion UHO ini, dan saat ini kami masih dalam tahap penyesuaian,” jelasnya.

Rektor UHO 2 periode itu menyebut penggunaan stadion UHO MZF untuk event tertentu akan dikenakan tarif penyewaan lapangan. Konsepnya masih akan dibahas oleh internal UHO. Prof.Zamrun memastikan terdapat tarif khusus bagi mahasiswa dan masyarakat umum. “Bagi masyarakat umum, tentu akan ada tarif tersendiri. Sedangkan bagi mahasiswa, saya berencana memberikan akses gratis selama 2 bulan sekali. Tapi dengan catatan kebersihan harus dijaga dan penggunaannya secara tertib,” tutur Prof.Zamrun. Penyewaan stadion UHO MZF ini dilakukan sebagai salah satu sumber pendapatan bagi UHO. “Kami akan mengatur SOP penggunaan lapangan di UHO ini. Sebab, lapangan ini dapat menjadi salah satu sumber pendapatan bagi kampus", Pungkas Prof. Zamrun. (win)

  • Bagikan