Kearifan Lokal Warnai Perayaan HUT Buton

  • Bagikan
Basiran

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- 4 Juli mendatang, Kabupaten Buton akan menggenapi usianya yang ke-64 sebagai daerah otonom. Pemerintah Kabupaten (pemkab) akan menyambut hari ulang tahun daerah itu dengan upacara dan rapat paripurna. Selain itu akan dimeriahkan juga dengan berbagai lomba antar pelajar dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Pemkab pun sudah mulai menyiapkan seremoni itu.

Pj. Bupati Buton, Basiran, mengatakan seperti halnya tahun 2022 lalu, HUT akan dirangkaikan dengan peringatan hari jadi ke-20 Pasarwajo sebagai ibu kota kabupaten. Buton-1 itu juga memberikan gagasan agar HUT tahun ini dimeriahkan dengan lomba dan kegiatan yang mengangkat kearifan lokal budaya daerah. “Kita inginkan lomba-lombanya mengandung karakteristik budaya. Kita angkat kembali budaya-budaya kita. Timbulkanlah inovasi kreatifitas yang asli budaya Buton, supaya tidak bergeser dengan budaya luar,” ungkapnya, Jumat (16/6). 

Selain kearifan lokal, Basiran juga menginisiasi agar perayaan itu dijadikan momentum promosi dan penguatan sumber daya alam yakni aspal Buton. “Segera persiapkan logonya karena itu penting sebagai bahan sosialisasi ketika membuat spanduk dan kalau bisa dengan tema "Kebangkitan Aspal Buton" atau Aspal Buton Mendunia". Silahkan kreasikan,” sarannya. Mantan Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Kalimantan Utara itu berkomitmen, HUT daerah kali ini lebih mewah dan meriah dibanding sebelumnya. Itu untuk mendorong penguatan eksistensi budaya dan sumber daya yang ada di Tanah Wolio. "Misalnya Pakande-kandea yang dilaksakan usai upacara, agar jumlah talang ditingkatkan dari jumlah tahun sebelumnya,” tutup Basiran. (c/lyn)

  • Bagikan