Dr.Husain Insawan Dilantik Menteri Agama Sebagai Rektor IAIN Kendari

  • Bagikan
Rektor IAIN Kendari, Dr. Husain Insawan, M.Ag (3 dari kiri) saat dilantik oleh Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas di Kantor Kemenag RI, Jakarta, Jumat (16/6), kemarin.

Nakhoda Baru IAIN

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari resmi punya nakhoda baru. Dia adalah Dr. Husain Insawan, M.Ag. Rektor IAIN Kendari periode 2022-2027 itu dilantik Menteri Agama (Menag) RI Yaqut Cholil Qoumas di ruang OR Kantor Kemenag Jakarta, Jumat (16/6), kemarin.

Rektor IAIN Kendari, Dr. Husain Insawan mengatakan jabatan rektor adalah amanah yang harus dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab. "In Sya Allah, saya akan mewakafkan waktu, tenaga, dan pikiran untuk mengembangkan IAIN sebagaimana yang kita cita-citakan bersama," ujarnya, kemarin.

Cita-cita bersama yang dimaksud Rektor Dr. Husain adalah menjadikan IAIN sebagai kampus yang unggul, modern, dan memiliki daya saing tinggi. "Cita-cita itu tentunya dapat dicapai dengan menerapkan kepemimpinan kolaboratif dan koordinatif. Semua ini bisa terwujud dengan dukungan semua unsur sivitas akademika,” ungkapnya.

Sementara itu, Menag RI Yaqut Cholil Qoumas mengingatkan tentang pentingnya mendalami Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) yang baru saja diluncurkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Kamis, 15 Juni 2023.

"Saya berharap para pimpinan Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN) memahami visi RPJPN secara holistik yang menjadi tulang punggung Kementerian Agama dalam melaksanakan pembangunan nasional," pinta Menag Yaqut saat melantik Rektor IAIN Kendari, Dr. Husain Insawan bersama 5 rektor PTKN lainnya.

Menag Yaqut juga meminta para rektor untuk segera melakukan konsolidasi dan memperkuat organisasi agar tercipta akselerasi program. "Saya berharap para rektor yang dilantik tetap memperkuat konsolidasi di perguruan tinggi masing-masing," ujarnya.

Untuk diketahui, Dr. Husain Insawan merupakan Rektor IAIN Kendari ketiga setelah Dr. H. Nur Alim, M.Pd dan Prof. Dr. Faizah Binti Awad, M.Pd. Rektor Dr. Husain bukanlah orang baru diinternal IAIN Kendari. Ia menitik karier di IAIN Kendari pada tahun 1998 sebagai dosen Bahasa Arab pada Jurusan Tarbiyah.

Karier terus menanjak hingga menjadi Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan selama 2 periode. Jabatan itu diembannya sejak alih status STAIN Kendari menjadi IAIN Kendari.

Dr. Husain Insawan, dilantik menjadi Rektor IAIN Kendari setelah menjalani fit and proper test pada pekan lalu. Dr. Husain mengusung visi untuk melanjutkan program-program yang telah ada di IAIN. (win/b/rls)

  • Bagikan