Parinringi Persiapkan Generasi Penerus

  • Bagikan
Pj.Bupati Kolut, Parinringi (kanan) dan pendiri Yayasan Teknologi Indonesia Jaya (YTIJ), Prof.Yohannes Surya P.hd (kiri) sepakat bekerja sama dalam program peningkatan kualitas pendidikan di Kolut. Pj.Bupati, Parinringi menunjukkan nota kerja sama usai pena penandatangan di gedung Kementerian Koordinasi Maritim dan Investasi di Jakarta, Jumat (9/6), kemarin.


--Kerja Sama YTIJ Tingkat Kualitas Pendidikan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Masa depan sebuah bangsa di tangan generasi muda sebagai generasi pelanjut. Konsep ini begitu diyakini Penjabat (Pj) Bupati Kolaka Utara (Kolut) Parinringi. Jangan heran, mantan Wakil Bupati (Wabup) Konawe ini begitu serius berupaya mempersiapkan generasi penerus berkualitas melalui sejumlah program.

Terbaru, Pj.Bupati Parinringi menjalin kerja sama dengan Yayasan Teknologi Indonesia Jaya (YTIJ). Seremoni penandatangan kerja sama ini dilaksanakan di gedung Kementerian Koordinator Maritim dan Investasi di Jakarta, Jumat (9/6), kemarin. Nantinya, yayasan yang didirikan Prof. Yohanes Surya Ph.D ini akan membantu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolut meningkat kualitas pendidikan.

Pj.Bupati Kolut Parinringi mengatakan sektor pendidikan harus terus dibenahi. Sebab wajah Kolut di masa depan tergantung kualitas generasi muda saat ini. "Untuk itulah, perlu ada langkah intervensi yang benar-benat memastikan generasi penerus bisa mengecap dunia pendidikan," ujarnya kepada Kendari Pos melalui sambungan telepon, Jumat, kemarin.

Di sisi lain, kerja sama dengan YTIJ ini menindaklanjuti instruksi Presiden Jokowi dan kebijakan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) yang tertuang dalam Surat Edaran (SE)
nomor 400.1.7/2097/SJ tanggal 6 April 2023. Regulasi ini mengatur sistem pendidikan numerasi.

"Saya mewakili Pemkab Kolut menandatangani nota kesepahaman dengan YTIJ. Nota kesepahaman ini menyangkut kerja sama dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Kolut. Ruang lingkup kerja sama ini tak hanya difokuskan pada siswa SD dan SMP, namun juga tenaga pendidik. Nantinya, ada program pelatihan guru dalam sains dan matematika guna meningkatkan kapasitas guru," kata Pj.Bupati Parinringi.

Durasi kerja sama Pemkab Kolut dan YTIJ selama setahun. Terhitung mulai tanggal 9 Juni 2023 hingga 9 Juni 2024. Namun kedua pihak tetap membuka opsi untuk memperpanjang masa berlaku kerja sama.

Pj.Bupati Parinringi mengatakan program ini diharapkan dapat berdampak positif bagi guru dan siswa. Sebab pola pendidikan akan dirancang lebih baik dan berkualitas. Jika bisa terealisasi dengan baik, prestasi pendidikan di Kolutt terus meningkat, membawa kemajuan dan kesuksesan bagi generasi muda di masa depan.

“Pada prinsipnya, kita berkomitmen untuk menginspirasi, mendorong dan memajukan sistem pendidikan yang akan mempersiapkan generasi muda dengan pengetahuan dan keterampilan unggul," tutur Pj.Bupati Parinringi yang juga Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Sultra itu.

Pada sisi lain, para guru akan menjalani pelatihan intensif untuk meningkatkan kapasitas mereka sehingga diharapkan dapat melahirkan bakat-bakat muda yang mampu bersaing secara global. "Kita ingin meningkatkan motivasi dan belajar siswa metode Gasing. Artinya, Gampang, Asyik dan Menyenangkan," jelas Pj.Bupati Parinringi.

Pelatihan dan sistem pendidikan siswa SD dan SMP lanjut Pj.Bupati Parinringi, menjadi sorotan utama dalam program ini. Sesuai kesepakatan, YTIJ akan menyelenggarakan program-program khusus yang akan membangun kreativitas, berpikir kritis, dan keterampilan lain yang dibutuhkan di era globalisasi ini.

Intinya, memperkuat pendidikan dasar sejak dini sehingga memiliki pondasi kuat bagi siswa menghadapi masa mendatang. Kerja sama ini merupakan komitmen bersama untuk menciptakan sistem pendidikan yang unggul dan mempersiapkan generasi muda dengan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk bersaing.

"Dengan adanya fondasi pendidikan yang kuat sejak dini, diharapkan para siswa bisa meraih kesuksesan di masa depan. Kami bertekad untuk mengangkat standar pendidikan ke puncak prestasi. Melalui kerja sama ini, generasi muda Kolut akan mampu mengejar impian-impian mereka dengan keberanian dan kepercayaan diri yang tinggi,” pungkas mantan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sultra ini. (mal/b)

  • Bagikan