Nirwana Beach, Wisata Primadona di Kota Baubau

  • Bagikan

Pesona Pasir Putih, Gradasi Laut Eksotis

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Baubau di Provinsi Sulawesi Tenggara, tak hanya dikenal sebagai kota budaya yang didalamnya terdapat sejumlah situs sejarah mendunia seperti Benteng Keraton Buton. Kota Baubau juga memiliki wisata bahari yang cukup menarik. Salah satunya adalah Nirwana Beach atau Pantai Nirwana di Kelurahan Sula, Kecamatan Betoambari. Sejak dulu, wisata itu telah menjadi primadona bagi masyarakat Wolio. Dari namanya, pantai itu sudah mengisyaratkan keindahan. Nirwana artinya surga. Setiap mata pengunjung akan dimanjakan dengan pesona hamparan pasir putih dan air membiru yang begitu jernih.

Pantai Nirwana selalu menjadi objek wisata paling ramai dikunjungi setiap harinya, terlebih di akhir pekan. Kepala Dinas Pariwisata Sulawesi Tenggara, H. Belli Tombil mengungkapkan, daya tarik Pantai Nirwana adalah hamparan pasir putih yang membentang panjang. Gradasi air lautnya begitu eksotis. Ada warna putih, biru hingga hijau bersatu di atas permukaan. "Ombaknya pun relatif tenang. Pantai ini aman untuk kegiatan berenang di tepi. Bukan hanya untuk dewasa, anak-anak pun bisa ikut menikmati ombak kecil di pesisirnya," katanya.

H. Belli Tombili, SE, M.Si, Kadis Pariwisata Sultra

Kawasan Pantai Nirwana Baubau juga memiliki beberapa spot yang sering dijadikan tempat untuk kegiatan diving atau menyelam. Beberapa wisatawan termasuk dari mancanegara yang menyelam di kawasan ini biasanya membawa kamera under water untuk memotret keindahan bawah lautnya. Di dalam kawasan pantai, ada gua eksotis yang bisa menjadi spot foto tambahan. Di dalam gua, ada kolam air payau yang dulu digunakan untuk mengisi kebutuhan air dari masyarakat setempat. Panjang gua adalah 50 meter dan cukup menarik perhatian para petualang.

Akses Mudah, Fasilitas Memadai

Pantai Baubau terletak sekitar 15 menit dari pusat kota atau kurang lebih 10 kilometer. Aspal mulus, serta medan perbukitan juga menawarkan pemandangan perjalanan yang menyenangkan. Sebab bisa melihat pulau-pulau dari ketinggian. Jarak yang begitu dekat membuat pengunjung bisa bepergian dengan mobil maupun motor. Selain akses yang mudah, fasilitas di tempat ini juga sudah cukup lengkap.

Area parkirnya cukup luas dan bisa menampung ratusan kendaraan.
Banyak pondokan berderet yang disewakan seharga Rp 30.000-Rp 50.000 untuk tempat keluarga berkumpul dan bersantai. Jika membawa perbekalan sendiri cocok untuk menyantapnya di sana. Ada tempat pembakaran ikan jika pengunjung membutuhkan. Itu juga fasilitas yang disewakan warga setempat.

Bagi pengunjung yang suka menguji adrenalin, pengelola juga menyiapkan sejumlah fasilitas olahraga air seperti perahu dan banana boat. Wisatawan bisa menyewanya dengan harga yang cukup terjangkau. Selain itu bagi yang belum bisa berenang tetapi ingin bermain air, penyewaan ban bisa menjadi alternatif. Pengunjung tak ingin pulang dengan tubuh yang kuyup, banyak ruang ganti disiapkan warga. Dengan modal Rp 5.000 sudah bisa menyewa kamar mandi lengkap dengan air bilasannya. (b/lyn)

  • Bagikan