Progres 70 Persen, Pemkot Kendari Kebut Pembangunan Inner Ringroad

  • Bagikan
Kondisi Kawasan Inner Ring Road di ruas jalan ZA Sugianto, Kota Kendari, Jumat (13/1). Progresnya sudah mencapai 70 persen. Pemerintah Kota Kendari menargetkan tuntas Maret mendatang, supaya bisa dimanfaatkan masyarakat.

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Proyek jalur lingkar dalam (Inner Ringroad) Kota Kendari masih dalam proses pembangunan. Saat ini progresnya sudah mencapai 70 persen. Salah satu proyek PEN ini ditargetkan rampung Maret 2023.

Penjabat Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu mengungkapkan, proyek Inner Ringroad merupakan salah satu program PEN tahun 2022. Pembangunan terus dikebut agar bisa segera dimanfaatkan masyarakat. “Pembangunan Inner Ringroad dimaksudkan untuk mengurai kemacetan di Kota Kendari. Ini program sangat bagus. Tentu harus kita kawal, agar segera rampung dan bisa segera digunakan,” kata Asmawa.

Terpisah, Sekretaris PUPR Kota Kendari, Aswido mengungkapkan, pengerjaan Jalur Inner Ringroad masuk dalam tahap rigid beton. Rigid dilakukan agar struktur lintasan terbentuk dan sekaligus menjadi badan jalan. “Struktur jalannya, kita gunakan beton bukan aspal. Tujuannya agar bisa dimanfaatkan masyarakat dalam waktu yang lama. Penggunaan rigid beton, juga penting mengingat lokasi jalur yang melewati perairan,” ungkap Aswido.

Aswido tak menampik, jika penyelesaian Inner Ringroad tidak sesuai target yakni pada Desember 2022. Oleh karena itu, pemerintah memberikan adendum kepada pelaksana pekerjaan. “Kontraktor diberikan kesempatan untuk menyelesaikan pekerjaan, sepanjang mereka mampu menyelesaikannya. Terpenting memenuhi persyaratan perpanjangan waktu yang kami berikan. Mereka diberi waktu selama 50 hari,” terangnya.

Meski mengalami adendum, Aswido optimis Inner Ringroad bisa rampung Maret dan bisa langsung dilaunching Pj Wali Kota Kendari. “Kami optimis tahun ini, Inner Ringroad akan berfungsi dan bisa dimanfaatkan masyarakat. Kita terus genjot dengan menambah sumber daya yang ada,” imbuhnya. (ags/b)

  • Bagikan