BWA-Kendari Pos Mendorong Minat Baca Al-Qur’an

  • Bagikan
Direktur Kendari Pos, Irwan Zainuddin (dua dari kiri) didampingi Wakil Direktur Kendari Pos, Awal Nurjadin (kiri) bersama Branch Manager BWA Kendari, Firdaus Madanua (dua dari kanan) dan rekannya, Rasman kanan) di Graha Pena Kendari Pos, Senin (2/1), kemarin. (MUH.ABDI ASMAUL AMRIN / KENDARI POS)

Kolaborasi Membumikan Al-Qur'an

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Penduduk Sultra mayoritas menganut agama Islam. Kitab suci Al-Qur'an merupakan perisai sekaligus pedoman hidup bagi umat Nabi Muhammad SAW tersebut. Badan Wakaf Al-Qur'an (BWA) Cabang Kendari menggandeng koran Harian Kendari Pos untuk berkolaborasi membumikan Al-Qur'an di jazirah Sultra.

Kolaborasi apik dua lembaga berbeda itu dalam bingkai mendorong peningkatan minat baca Al-Qur'an. Komitmen itu terbangun saat Branch Manager BWA Kendari, Firdaus Madanua berkunjung di kantor Graha Pena Kendari Pos, Senin (2/1), kemarin.

Firdaus mengungkapkan, tujuan kunjungannya selain untuk menjalin silaturahmi dengan pimpinan Kendari Pos juga untuk memperkenalkan BWA dengan berbagai program inovasi wakaf dan proyek-proyek wakafnya.

"Terutama program Wakaf Al-Qur'an dan Pembinaan (WAP). Alhamdulillah, program ini sudah tersebar ke beberapa wilayah di Indonesia," ujar Firdaus didampingi rekannya, Rasman saat berbincang dengan Direktur Kendari Pos, Irwan Zainuddin, kemarin.

Firdaus menjelaskan berdasarkan data Kementerian Agama (Kemenag), total kebutuhan Al-Qur’an setiap tahun lebih dari enam juta mushaf. Sementara Unit Percetakan Al-Qur’an (UPQ) Kemenag, sejak 2016-2020, baru mencetak 1.705.000 mushaf. Di sinilah relevansinya program Wakaf Al Qur'an dan Pembinaan di daerahpelosok di seluruh Indonesia.

"Alhamdulillah, BWA mencoba mengambil peran dengan menggalang donasi wakaf dari para muhsinin untuk menjadi wakif tetap, agar program distribusi Al Qur'an wakaf terus berjalan di Indonesia termasuk Sultra," jelas Firdaus.

Menurut Firdaus, kehadiran BWA untuk membumikan kitab suci Al-Qur'an hingga pelosok dan pulau di Sultra. Dengan target wakaf mencapai 100 ribu Al-Qur'an. Firdaus meyakini hal itu dapat meningkatkan minat baca Al-Qur'an. "BWA mengajak kaum muslimin di Sultra agar menjadikan wakaf Al Qur'an sebagai gaya hidup," ungkapnya.

Untuk mewujudkan itu, BWA terus membangun sinergisitas dengan berbagai elemen di Sultra termasuk insan media massa, agar BWA Cabang Kendari-yang baru lima bulan terbentuk-dapat dikenal dan berkontribusi nyata bagi umat dalam berbagai program inovasi wakafnya, terutama wakaf Al Qur'an dan pembinaan.

"Kami berharap Kendari Pos bersedia bersinergi dengan BWA Cabang Kendari dalam berbagai program inovasi wakaf, terutama wakaf Al Qur'an dan pembinaan," tutur Firdaus.

Sementara itu, Direktur Kendari Pos, Irwan Zainuddin mengapresiasi dan mendukung langkah BWA Cabang Kendari. "Bila perlu Kendari Pos akan selalu terlibat langsung disetiap kegiatan dan program BWA ke depannya," ujarnya didampingi Wakil Direktur Kendari Pos, Awal Nurjadin, Manajer Personalia, Aser Rerung, dan Manager Sirkulasi Resmin.

Direktur Irwan Zainuddin menambahkan, program BWA Kendari ini merupakan kegiatan yang sangat mulia. Sebab, selain membumikan kitab suci Al-Qur'an juga memberikan pemahaman dan upaya memberantas buta baca Al-Qur'an di Sultra.

"Kendari Pos siap menjadi mitra bagi BWA untuk mewujudkan program wakaf Al-Qur'an. Bahkan Kendari Pos bisa ikut ambil peran bersama BWA mendistribusikan Al-Qur'an di tiap lembaga instansi maupun di pelosok daerah," tutup Direktur Irwan Zainuddin. (kam/b)

  • Bagikan