Tekan Angka Pengangguran, Dorong Usaha Produktif

  • Bagikan

--Pj.Bupati Parinringi Salurkan Bantuan Peralatan Usaha--

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID--Pengangguran sudah menjadi persoalan setiap daerah. Pasalnya, lapangan pekerjaan belum sebanding dengan jumlah angkatan kerja. Atas dasar itu, Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara (Pemkab Kolut) berupaya mendorong keberadaan pelaku usaha kecil mikro dan menengah (UMKM).

Tidak hanya sebatas pelatihan dan pendampingan, Pemkab Kolut juga rutin memberikan bantuan peralatan usaha. Penjabat (Pj) Bupati Kolut Parinringi menyerahkan bantuan kepada belasan kelompok masyarakat, Rabu (28/12), kemarin.

"Ini merupakan bentuk perhatian pemerintah terhadap masyarakat. Bantuan sarana peralatan usaha ini diperuntukkan pekerja mandiri, pemula maupun lanjutan," kata Pj.Bupati Parinringi saat menyerahkan bantuan di kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kolut, kemarin.

Pj.Bupati Parinringi meyakini, bantuan itu akan membuka lapangan kerja baru dan memberi penghasilan tambahan terhadap para pelaku. "Pada dasarnya, pemerintah terus berupaya mendorong usaha-usaha produktif yang berujung peningkatan kesejahteraan masyarakat," ungkapnya.

Adapun bantuan yang diserahkan berupa mesin jahit, peralatan perbengkelan, pertukangan, alat pembuat roti dan kue. Dari 13 kelompok penerima bantuan, sebagian besar menerima peralatan menjahit. "Rinciannya, ada enam kelompok mendapat peralatan menjahit, tiga lainnya alat pembuat roti. Pertukangan kayu dan perbengkelan masing-masing satu kelompok. Sementara pembuatan kue ada dua kelompok," jelas Pj.Bupati Parinringi.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Sultra itu berharap bantuan sarana peralatan usaha bisa dimanfaatkan dengan baik. Di sisi lain, ia turut mengingatkan OPD terkait untuk melakukan pengawasan dan evaluasi agar bantuan tersebut benar-benar efektif.

"Jadi, jangan hanya sebatas menyerahkan bantuan setelah itu selesai. Tapi harus dipantau. Turun lapangan, pastikan program berjalan. Kalau ada peningkatan, wajib kita dorong. Jika perlu anggaran ditambah lebih besar. Kedepannya, kami akan mendorong program bantuan sarana peralatan usaha tetap dilanjutkan," imbuh mantan Wakil Bupati (Wabup) Konawe itu.

Bantuan yang diberikan merupakan bentuk komitmen pemerintah bersama legislatif. Tidak hanya membuka peluang kerja, namun juga bagian dari upaya percepatan dan akselerasi pembangunan di Bumi Patowonua. Tidak sampai di situ, Pemkab Kolut akan membangun komunikasi dengan provinsi dan pusat dalam menyinkronkan program dalam mendorong usaha produktif.

"Kami akan berkoordinasi dengan pemerintah pusat dan provinsi agar Kolut bisa kebagian bantuan serupa. Mudah-mudahan bantuan ini dapat bermanfaat serta berkontribusi dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat dan percepatan pembangunan," pungkas Pj.Bupati Parinringi. (mal/b)

  • Bagikan