Pelindo MendukungKapal Roro Masuk Kendari

  • Bagikan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID--Potensi bongkar muat logistik di Pelabuhan Kendari cukup menjanjikan. Oleh karena itu, Pelindo Regional 4 Kendari sangat mendukung bila pemerintah dan stakeholder terkait, mendatangkan Kapal Roro di Kota Lulo. Khususnya di Terminal Bungkutoko.

General Manager Pelindo Regional 4 Kendari, Suparman mengatakan, kehadiran Kapal Roro di Kendari, sangat dinantikan oleh masyarakat. Selain bisa menampung penumpang dalam jumlah banyak, juga bisa mengakomodir kendaraan, kendaraan bermuatan, dan barang logistik.

"Tingkat keterisian kapal ini cukup besar. Bisa mengangkut penumpang juga barang logistik dalam jumlah besar. Tentunya, kehadiran Kapal Roro ini, bisa mendukung arus bongkar muat logistik di Pelabuhan Kendari," ungkap Suparman.

USULKAN: General Manager Pelindo Regional 4 Kendari, Suparman (kanan) memperlihatkan aktivitas bongkar muat logistik di Terminal Petikemas Bungkutoko. FOTO: Agus Setiawan/Kendari Pos

Jika Kapal Roro hadir di Kendari, lanjut Suparman, maka akan memudahkan arus logistik dari Pulau Jawa ke Kendari tanpa harus bongkar muatan di Makassar.

Sekadar informasi, Terminal Bungkutoko menjadi salah satu pelabuhan yang siap menerima kedatangan kapal jenis Roro. Terminal ini, merupakan pelabuhan pengumpul yang memiliki kapasitas kapal kargo sebesar 6 ribu DWT (Deadweight Tonnage).

Selain itu, Pelabuhan Bungkutoko juga dapat menampung kapal penumpang dengan ukuran 6.022 GT (Kapal Pelni). Dengan kedalaman Faceline dermaga seluas 8 meter LWS atau Low Water Spring. (b/ags)

  • Bagikan