Wali Kota Kendari Tambah Penerima Bansos

  • Bagikan
Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir menyerahkan Kartu Keluarga Prasejahtera (KKS) kepada masyarakat prasejahrera, kemarin. AGUS SETIAWAN/KENDARI POS


-Lagi, 291 KK Terdaftar Program KKS

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Warga Kota Kendari yang tercover bantuan sosial (bansos) semakin bertambah. Selasa (13/9), sebanyak 291 Kepala keluarga (KK) di Kelurahan Mokoau, Kecamatan Kambu menerima Kartu Keluarga Sejahtera (KKS). Dengan kartu ini, mereka tak hanya bisa mengakses bansos Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari namun juga dari pemerintah pusat maupun pemerintah provinsi (Pemprov) Sultra.

Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir mengatakan pemberian KKS kepada warga prasejahtera merupakan bentuk kepedulian pemerintah kepada masyarat apalagi dalam suasana kenaikan harga BBM. Dirinya berharap, KKS yang diberikan bisa mengakomodir masyarakat untuk mendapatkan bansos.

Saat ini, pemerintah telah menghadirkan berbagai program bansos diantaranya Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Sosial Non Tunai (BSNT) atau bantuan sembako, bantuan untuk lansia dan penyandang disabilitas, dan teranyar Bantuan Langsung Tunai (BLT) BBM.

"Kami harap masyarakat setelah mendapatkan bantuan, agar dimanfaatkan sebaik mungkin. Jika mendapatkan bantuan dalam bentuk uang tunai tentunya harus digunakan untuk memenuhi kebutuhan pokok. Sehingga manfaat bantuan yang diterima bisa dirasakan seluruh anggota keluarga di rumah," kata Sulkarnain Kadir.

Terpisah, Kepala Dinas Sosial Kota Kendari, Abdul Rauf menjelaskan, KKS adalah kartu penanda bagi Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) kurang mampu di antaranya penyandang disabilitas, lanjut usia yang belum memperoleh layanan atau bantuan sosial dan berada di dalam panti atau Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS)

Dengan menerima KKS, masyarakat secara otomatis telah terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Jika sudah terdaftar, masyarakat bisa mendapatkan bansos dari pemerintah. "Insya Allah seluruh masyarakat prasejahtera di Kota Kendari akan kita daftar dan buatkan KKS," kata Abdul Rauf.

Sekedar informasi, jumlah warga prasejahtera di Kota Kendari yang telah terdaftar dalam DTKS sudah mencapai sekira 50 ribu KPM. Masyarakat yang merasa kesulitan atau tidak mampu diminta untuk segera melaporkan diri melalui Ketua RT/RW, Lurah, Camat, Puskesos hingga Dinsos Kendari. (b/ags)

Pemegang KKS

  1. Berpeluang Menerima Bansos
    -PKH, BSNT, BLT, Bantuan Lansia dan Penyandang Disabilitas serta BLT BBM
  2. Merujuk DTKS
  3. Data Diverifikasi Ketua RT/RW, Lurah, Camat, Puskesos hingga Dinsos Kendari
  4. 50 KPM Telah Terdata
  5. 291 KMP Tambahan
  • Bagikan