Japan Open 2022 : Apri/Fadia Latihan Bersama 15 Menit, Raih Kemenangan Perdana

  • Bagikan
Apriyani Rahayu (kanan) dan Siti Fadia Silva Ramadhanti (kiri) berlaga pada babak pertama Japan Open 2022. (Humas PP PBSI)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Ganda putri Indonesia Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti memulai kiprahnya di Japan Open 2022 dengan sangat positif. Apri/Fadia sukses mengandaskan ganda Kanada Catherine Choi/Josephine Wu dalam straight game dengan skor 21-15, 21-15.

Dalam laga yang berlangsung di Maruzen Intec Arena, Osaka tersebut, Apri/Fadia menyelesaikan pertandingan dalam tempo 30 menit. "Tadi kami masih awal, masih adaptasi dengan kondisi lapangan maupun pola permainan,” kata Fadia dikutip dari siaran pers PP PBSI.

“Lusa di babak 16 besar mainnya harus lebih safe dan lebih tahan lagi karena bolanya berat ya walau tidak seberat di kejuaraan dunia kemarin. Di sini lumayan ada angin di lapangannya,” tambah Fadia.

“Saya masih belum terbiasa dengan shuttlecocknya. Agak aneh pergerakannya jadi susah dikontrol. Tapi kita nikmati saja karena lawan pasti merasakan hal yang sama,” timpal Apri.

“Kami baru latihan bareng kemarin hanya 15 menit, hari ini sudah main alhamdulillah diberikan kemenangan. Kiranya di babak 16 besar nanti kita harus lebih menyiapkan pertama pikiran, mindset baru teknik dan pola di lapangan,” imbuh peraih emas Olimpide Tokyo 2022 bersama Greysia Polii itu.

Salah satu kunci kekuatan Apri/Fadia adalah komunikasi mereka yang kuat dan terjaga. Di pertandingan ini terdengar Apri memanggil Fadia dengan sapaan “dek”. Dia juga tanpa segan mengucapkan terima kasih usai mendapat poin atau meminta tolong dengan halus untuk mengganti bola.

Begitu pula sebaliknya. “Ini memang menjadi komunikasi saya dengan Fadia. Bagaimana membawa aura positif ke lapangan. Karena kita membangunnya seperti itu. Demi satu tujuan, sukses bersama-sama. Ini yang saya belajar banyak dari kak Greys (Greysia Polii),” ucap Apri.

Pada babak 16 besar, Apri/Fadia akan berhadapan dengan ganda Tiongkok Liu Xuanxuan/Xia Yuting. Mereka mengandaskan ganda Malaysia Anna Ching Yik Cheong/Teoh Mei Xing dalam dua game telak, 21-9 dan 21-14.
“Semua lawan pasti sekarang sudah mempelajari permainan kami. Itu membuat kami semakin terpacu untuk menjadi lebih baik. Jadi pasti fokus diri sendiri untuk terus meningkatkan kemampuan,” kata Fadia.

Apri/Fadia baru menjalani debut di SEA Games Hanoi 2021 pada Mei lalu. Namun, mereka sudah meraih tiga gelar. Apri/Fadia meraih emas SEA Games Hanoi 2021 dan juara di Malaysia Open 2022 serta Singapore Open 2022. (jpg)

  • Bagikan